Notification

×

Iklan

Iklan

Uang 75 Juta Untuk Insentif Nakes Disorot, Begini Penjelasan PKM Wera

Senin, 22 Februari 2021 | 13.10.00 WIB

 

Foto: Ilustrasi Nakes (Sumber: Ekonomibisnis.com)

Indikakatorntb.com - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat ( PKM) Wera mendapat kucuran dana dari APBN untuk Insentif tenaga kesehatan (Nakes) sebanyak 75 juta. Uang Instentif itu baru akan dibagikan kepada seluruh Nakes di tahun 2021 ini, Senin (22/02/21).


Uang untuk Insentif Nakes tersebut, sempat menjadi sorotan masyarakat bahkan menjadi polemik. Tidak sedikit masyarakat yang mempertanyakan keberadaan uang itu. Namun demikian, pihak PKM Wera mengatakan bahwa uang tersebut, tetap akan dibagikan kepada seluruh Nakes.


"Besok akan dibagikan semua," kata Sumantiar, S.Sos Kasubag PU PKM Wera kepada media ini.


Lebih lanjut, Sumantiar mengatakan bahwa bantuan anggaran tersebut, merupakan bantuan tahun 2020 untuk Insentif Nakes selama tiga bulan.


"Untuk insentif Nakes bulan Juni, Juli dan Agustus tahun 2020," bebernya.


Anggaran 75 juta itu kata Sumantiar berdasarkan kesepakatan bersama akan dibagikan kepada seluruh Nakes yang ada di PKM Wera disesuikan dengan porsi kerja masing-masing, termasuk untuk Sukarelawan.


"Intinya sudah ada kesepakatan bersama, bahwa kita akan membagi habis uang itu," jelasnya.


Salah satu alasan mengapa PKM Wera baru akan menyalurkan bantuan tersebut kepada seluruh Nakes pada hari Selasa Tanggal 23 Februari 2021 besok, karena uang itu baru diterima Januari 2021 lalu.


"Uang itu baru masuk di rekening BLN Januari 2021," tutupnya.


Seperti yang diketahui, penyaluran stimulus di bidang kesehatan tetap menjadi perhatian dan fokus utama pemerintah.


Melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI, Pemerintah Pusat dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional hingga 13 November 2020, sudah merealisasikan belanja kesehatan untuk insentif tenaga kesehatan (nakes) pusat mencapai Rp 2,44 triliun dari total pagu anggaran sebesar Rp 5,90 triliun. Insentif telah disalurkan ke 370.970 tenaga kesehatan.


Furkan/IN

×
Berita Terbaru Update