Notification

×

Iklan

Iklan

Mencegah Karhutla, BKPH MDM Resort Wera Patroli di Tiga Desa

Rabu, 24 Juni 2020 | 00.10.00 WIB
Foto: Personil KPH Resort Wera saat berkoordinasi dengan pemerintah desa Wora, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima.
Indikatorntb.com - Dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan pada puncak musim kemarau Agustus nanti, Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan Maria Donggo Masa (BKPH MDM) Resort Wera mendatangi tiga desa sekaligus, Rabu (24/06/20).

Desa Bala, Ntoke dan Wora Kecamatan Wera, Kabupaten Bima menjadi tempat kegiatan patroli seluruh personil Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Resort Wera. Ketiga desa yang dimaksud, dianggap rawan atau memiliki potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dibandingkan dengan desa yang lain.

Dalam kegiatannya, KPH Resort Wera mendatangi langsung pemerintah desa setempat untuk berkoordinasi sekaligus mengajak kerjasama dalam rangka mencegah karhutla dengan cara melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat setempat.

Dedy Zulkarnain, S.Hut selaku Kepala Resort Wera menghimbau kepada seluruh personil agar tetap aktif memantau kegiatan masyarakat disekitar Kawasan Hutan. Selain itu, ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengurangi dan mengontrol pembersihan lahan.

"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat agar senantiasa mengurangi dan mengontrol pembersihan lahan milik supaya tidak membias ketempat lain," Ujarnya.

Berdasarkan hasil patroli atau pemantauan tahun-tahun sebelumnya, Karhutla di Kecamatan Wera sering kali disebabkan oleh kegiatan masyarakat yang melakukan pembersihan lahan milik dengan cara membakar tanpa pengontrolan.

Tim/Indikatorntb
×
Berita Terbaru Update