Notification

×

Iklan

Iklan

Tim Covid-19 PKM Wera Screening Warga Pendatang di 3 Desa, Hasilnya?

Sabtu, 21 Maret 2020 | 16.13.00 WIB
Foto: Tim 2 Covid-19 PKM Wera
Indikatorntb.com - Tiga orang masyarakat Kecamatan Wera, Kabupaten Bima di tiga desa sekaligus berhasil discreening/dilakukan penjaringan oleh Tim dua Covid-19 PKM Wera. Hasilnya, tidak ditemukan Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Sabtu (21/03/20).

Tiga masyarakat Wera yang dirahasiakan identitasnya berasal dari desa Sangiang, Ranggasolo dan Hidirasa. Ketiga masyarakat itu diketahui baru pulang dari luar daerah, yaitu warga Hidirasa baru pulang dari Jakarta, warga Ranggasolo baru pulang dari Bali sedangkan wraga Desa Sangiang baru pulang dari Kaltim.

Ketiga masyarakat itu discreening atau dilakukan penjaringan oleh Tim 2 Covid-19 PKM Wera di rumahnya masing-masing.

"Screening pendatang dari luar daerah maupun luar negeri yang dicurigai terjangkit corona virus deases," Ungkap Rahmah, AMK koordinator Tim 2 Covid-19 PKM Wera kepada media ini.

Rahmah bersama anggota dari Perawat, Bidan, Promkes, Kesling, Gizi dan Lab mendatangi rumah tiga warga tersebut untuk dilakukan tindakan awal berupa wawancara terkait kondisi warga dengan mengukur tanda-tanda vital.

"Wawancara kronologis kedatatangan, keluhan yang dirasakan, dengan pengukuran tanda-tanda Vital seperti Tekanan darah, suhu dan lain-lain," Paparnya.

Setelah melakukan screening, Rahmah menegaskan bahwa Timnya tidak menemukan tanda-tanda adanya tiga warga di Kecamatan Wera yang dicurigai terjangkit Covid-19.

"Dari hasil penyisiran ketiga desa dari Tim 2 yang saya koordinir tidak ditemukan Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Alhamdulillah tidak ada," Jelasnya.

Sehingga dari hasil Screening tersebut, Rahmah bersama anggotanya memutuskan bahwa tiga warga yang dimaksud hanya akan dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

"Kalau isolasi mandiri, dianjurkan kepada pasien, bila ada keluhan, langsung by phone petugas kesehatan terdekat atau Tim kami, nanti tetap Tim itu yang turun pantau kerumah pasien. Tapi waktunya hanya 14 hari sejak kedatangan pasien," Bebernya.

Foto: Rahmah, AMK Koordinator Tim 2 Covid-19 saat melakukan Screening di rumah salah satu warga desa Sangiang.
Tim 2 Covid-19 PKM Wera akan tetap waspada serta terus memantau para pendatang dari luar daerah dengan melakukan screening untuk waktu yang tidak ditentukan. Untuk mendapatkan informasi pendatang dari luar daerah di setiap desa di Kecamatan Wera, Tim Covid-19 PKM Wera melakuka koordinasi di lintas sektor.

"Tetap siaga, waspada, akan terus melakukan screening pendatang sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Info pendatang sudah dikoordinasikan lintas sektor, mulai Camat, Kades, aparat keamanan dan petugas kesehatan di desa," Pungkasnya.

Rahmah berharap dalam mengahadapi virus Corona, masyarakat diminta untuk tidak panik dan tetap tenang. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tetap menjaga kebersihan serta mendukung tim Covid-19 agar tetap sehat, semangat dan kompak dalam bekerja.

"Selaku koordinator, kepada tim agar bisa saling kompak, sigap, sabar dan ikhlas dalam melakukan tugas, dan mohon do'a dari semua untuk kesehatan kami yg bertugas digarda depan ini," Harapnya.

"Kepada masyarakat untuk tidak panik mendengar tentang covid 19 ini, jaga kebersihan diri seperti cuci tangan pakai sabun setelah aktivitas atau memegang apapun, bila sakit tolong pakai masker, selalu memberikan informasi kepada tim kesehatan agar kami cepat menanganinya, jangan keluar daerah, social distancing (jaga jarak) dan tetap dirumah untuk kita semua agar mata rantai penularan terhenti. " Tutupnya.

Tim Covid-19 PKM Wera dibagi menjadi 3 tim yaitu, tim 1 untuk desa Mandala, desa Nunggi, Bala dan Ntoke, di koordinir oleh bpk Ahmadin, SKM. Sementara TIM 2 desa Sangiang, Hidirasa, Ranggasolo dikoordinir oleh RAHMAH,AMK. Sedangkan Tim 3 did Tawali, Nangawera, Wora dan Tadewa dikoordinir oleh Siti Rahmah, SKM.

Furkan/Indikatorntb
×
Berita Terbaru Update