Notification

×

Iklan

Iklan

Dishub Kab. Bima Tunjuk Koperasi di Sangiang Operasikan Kapal Bantuan

Jumat, 14 Februari 2020 | 10.05.00 WIB
Foto: Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Bima
Indikatorntb.com - Untuk mengoperasikan kapal kargo/barang berkapasitas dua belas ton dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, melalui Direktoral jendral pengembangan daerah tertentu dan Direktorat pengembangan daerah pulau kecil dan terluar.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bima mengaku telah bekerjasama atau menunjuk salah satu koperasi untuk mengelolah dan mengoperasikan kapal bantuan tersebut, di desa Sangiang, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, Jum'at, (13/02/20).

Meski tidak disebutkan nama koperasi yang ditunjuk untuk mengelolah dan mengoprasikan kapal bantuan itu, Dishub melalui Kasubag Program dan Pelaporan, Arief Rachman mengatakan bahwa, penunjukan itu dilakukan sembari menunggu berita acara dari pemerintah pusat.

"Bantuan itukan sudah dikelolah oleh salah satu Koperasi di Sangiang, makanya ada di Sangiang kapal ini. Sampai saat ini dari kementerian itu masih membuat berita acara serah terima, kemarin itu serah terima sementara aja," Jelasnya kepada media ini saat di ruangannya, Kamis (13/02/20).

Dalam hal pengelolaan dan pengoperasian kapal bantuan itu, Dishub Kab. Bima menjelaskan, bhawa kapal bantuan itu bisa dikelolah atau dioperasikan oleh koperasi, kelompok usaha bersama atau BUMDes. Hanya saja, hingga saat ini, Dishub belum melakukan menyerahkan bantuan itu kepada desa manapun. Namun besar kemungkinan akan dipercayakan kepada Desa Sangiang melalui BUMDes.

"Jadi yang mengelola kapal ini adalah, bisa BUMDes, bisa Koperasi, bisa kelompok usaha bersama, yang penting bisa menjaga aset dan bisa memberikan timbal balik kepada daerah, berupa pendapatan asli daerah," Papar Arief Rachman.

Sebelumnya, beredar issue bahwa, kapal bantuan tersebut, merupakan bantuan untuk pemerintah desa Sangiang. Hal itu dibantah oleh Rahmatullah, SH Sekertaris Dishub Kab. Bima, ia menegaskan bahwa bantuan kapal tersebut masih dibawah kendali Dishub Kabupaten Bima, alias belum dilakukan serah terima kepada desa manapun di Kecamatan Wera.

"Jadi begini, bukan untuk desa Sangiang, tapi untuk Pemerintah Kabupaten Bima. Bisa ia bisa enggak," Tegasnya.

Rahmatullah, SH berharap agar masyarakat Wera berterimakasih kepada pemerintah daerah, karena kapal bantuan itu diarahkan ke wilayah Kecamatan Wera.

"Kapal itu pertama sekarang sudah ada di Wera, jadi atensi pemerintah daerah kepada masyarakat Wera sudah top kan. Jadi harus berterimakasih," Bebernya.

Ia juga menegaskan pernyataan Arief Rachman bahwa, Dishub Kab. Bima dalam memberikan kepercayaan atau menunjuk pengelolah untuk mengoperasikan kapal bantuan itu harus bisa memberikan feedback kepada PDA daerah.

"Tentu nanti ada feedbacknya, berupa PAD. Tapi PAD itu kami tidak memberatkan ya bisa dijangkaulah," Tuturnya.

Penyaluran, bantuan kapal jenis kargo/kapal barang tersebut, dilakukan di pesisir pantai Desa Sangiang, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima pada hari Selasa 27 Agustus 2019 lalu. Dihadiri dan disaksikan oleh Camat Wera dan Pemerintah desa Sangiang.

Furkan/Indikatorntb


×
Berita Terbaru Update