Notification

×

Iklan

Iklan

Manifestasi Pemimpin Ideal Perspektif Islam

Selasa, 08 Mei 2018 | 15.28.00 WIB
Foto : Penulis
“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah”. (QS Al-Ahzab:21)

Pemimpin merupakan suatu indikasi utama dalam menentukan kehidupan manusia yang sejahtera. Dalam kehidupan sehari-hari sebetulnya nilai-nilai kepemimpinan tersebut hadir ditengah-tengah kita. Mulai dari memimpin diri sendiri, keluaraga, kelompok terkecil maupun pemimpin yang paling tinggi, yaitu pemimpin Bangsa dan Negara.

Dalam ajaran Islam sendiri sudah menganjurkan kepada umatnya agar bagiama sikap seseorang terhadap orang lain, sikap ketika kita menjadi seorang pemimpin, baik untuk memimpin diri sendiri, keluarga maupun kelompok tertentu. Allah SWT menjanjikan kepada kita (Manusia) bahwa siapa yang bijak dalam menjalankan kepemimpinanya untuk kesejahteraan umat, maka allah menjanjikan surga baginya. (QS. Al-Ma'idah 5: Ayat 12)

Maka sungguh kebijaksanaan itu membawa dampak yang baik untuk kita berkehidupan bermasyarakat, kebijaksanaan bila dilakukan dengan cara yang baik dan benar sesui tuntutan Islam, maka menjanjikan manusia sebagai mahluk yang makmur didunia maupun diakhirat. Sebagai contoh sepanjang masa bahwa pemimpin teladan yang menjadi model ideal yaitu Rasulullah SAW, Beliau dikaruniai empat sifat utama yaitu: "Sidiq, Amanah, Tablig dan Fathonah". Sidiq berarti jujur dalam perkataan dan perbuatan, amanah berarti dapat dipercaya dalam menjaga tugas dan tanggung jawab, Tablig berarti menyampaikan segala macam kebaikan kepada rakyatnya dan terkahir fathonah berarti cerdas dalam mengelola masyarakat dan umat.

Kejujuran merupakan syarat utama bagi seorang pemimpin agar menarik kepercayaan masyarakat dan umat. Masyarakat akan merespek baik kepada pemimpin apabila dia diketahui dan juga terbukti memiliki kualitas kejujuran yang tinggi.

Pemimpin yang memiliki prinsip kejujuran akan menjadi tumpuan harapan para anggota dan pengikutnya. Mereka sangat sadar bahwa kualitas. Seorang pemimpin yang sidiq/honest akan mudah diterima dihati masyarakat, sebaliknya pemimpin yang tidak jujur atau khianat akan dibenci oleh rakyatnya.

Sikap pemimpin yang jujur adalah manifestasi dari perkaatannya, dan perkatannya merupakan cerminan dari hatinya.

Penulis : M. Akhier
×
Berita Terbaru Update