Notification

×

Iklan

Iklan

Wujudkan Visi Melalui Program Pamsimas, Kades Tawali: Air Bersih Akan Mengalir Ke Setiap Rumah

Rabu, 03 Februari 2021 | 10.44.00 WIB

Foto: Kepala Desa Tawali, Abdul Muis HAM (paling depan) bersama Kadis Perkim Kab. Bima Taufik saat meninjau lokasi Pamsimas.

Indikatorntb.com - Akhirnya Desa Tawali menjadi desa pertama dan satu-satunya di Kecamatan Wera, Kabupaten Bima yang berhasil melaksanakan Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), Rabu (02/02/21).


Kehadiran Program Pamsimas di desa Tawali yang diusulkan sejak tahun 2019 lalu, tidak terlepas dari berbagai usaha dan upaya yang telah dilakukan oleh kepala desa Tawali Abdul Muis HAM, hingga akhirnya berhasil direalisasikan pada bulan November 2020 lalu.


Diantara usahanya, yaitu meyakinkan semua pihak dan gencar melakukan koordinasi baik dengan pemerintah daerah maupun dengan pemerintah pusat agar desa Tawali ditetapkan sebagai desa yang pantas untuk melaksanakan program Pamsimas.


"Ucapan terimah kasih kepada Bupati dan wakil Bupati Bima, Kadis Perkim yang telah membantu mewujudkan kebutuhan air bersih untuk desa Tawali," ujar Abdul Muis HAM kepada media ini.


Melalui program Pamsimas itu, Abdul Muis HAM juga dinilai telah berhasil merealisasikan salah satu visi dan misinya saat ia masih mencalonkan diri sebagai kepala desa Tawali tahun 2018 silam, yaitu menyediakan air bersih untuk masyarakat desa Tawali.


"Alhamdulillah, satu per satu visi dan misi bisa diwujudkan," terang bapak tiga anak ini.


Tidak tanggung-tanggung, Abdul Muis HAM menggelontorkan APBDes sebesar 200 juta rupiah dan di bantu dengan APBD sebesar 500 juta rupiah. Semua itu ia lakukan demi tersedianya air minum yang bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa Tawali.


Sumber aliran listrik program Pamsismas di desa Tawali menggunakan tenaga surya matahari dan meteran listrik. Sehingga diharapkan dalam pengelolaannya bisa menghemat energi listrik.


"Kita menggunaka tenaga Surya dan energi listrik, dengan begitu mudah-mudahan kita bisa berhemat energi listrik," papar Abdul Muis HAM.


Abdul Muis bertekad untuk menyalurkan air bersih ke setiap rumah masyarakatnya secara bertahap.


Di tahun 2020, Pemerintah desa Tawali telah menargetkan pemasangan pipanisasi ke 300 KK dari total 1283 KK. Sedangkan di tahun 2021, ditargetkan sebanyak 700 KK, sementara sisanya akan di tuntaskan hingga tahun 2022.


"Insya Allah, air akan mengalir ke setiap rumah masyarakat di tahun 2022, itu target maksimal kami. Do'akan saja," harapnya.


Namun, hal itu hanya bisa terwujud apabila didukung dengan anggran yang memadai. Karenanya, Abdul Muis HAM berharap adanya uluran tangan baik dari pemerintah daerah maupun dari pemerintah pusat.


Foto: Terlihat beberapa masyarakat saat mengambil air di bak penampung air bersih Pamsimas.


Meski sudah berhasil menghadirkan program Pamsimas di desanya, Abdul Muis HAM tetap tidak mau berbangga diri. Menurutnya keberhasilan menghadirkan program Pamsimas itu adalah titik awal untuk menuntaskan misinya, yaitu mengalirkan air ke setiap rumah masyarakat desa Tawali.


"Tugas untuk menghadirkan pamsimas sudah selesai, tinggal bagaimana kita mengelolahnya dengan baik agar kebutuhan air masyarakat desa Tawali tetap terpenuhi setiap harinya," tutupnya.


Seperti yang di ketahui, Program Pamsimas adalah program bersama antara pemerintah, pemerintah daerah,

pemerintah desa dan masyarakat yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan baik di tingkat provinsi, kabupaten sampai dengan desa dan komunitas.


Furkan/Indikatorntb

×
Berita Terbaru Update