Notification

×

Iklan

Iklan

Waduh, Dua Orang Nakes di PKM Wera ini Menolak di Vaksin Covid-19

Selasa, 09 Februari 2021 | 14.25.00 WIB

 

Foto: UPT PKM Wera tampak depan (istimewa)

Indikatorntb.com - Dari total 172 orang pegawai dan tenaga kesehatan PKM Wera yang mengikuti seleksi Vaksin Covid-19, terdapat dua orang tenaga kesehatan Sukarelawan yang menolak untuk di Vaksin, Selasa (09/02/21).


Rincian dari 172 orang yang telah megikuti seleksi Vaksin Covid-19 hanya 91 orang yang sudah di Vaksin, sementara yang tidak bisa di vaksin terdiri dari Penyintas 51 orang, Comorbid 2 orang, Ibu hamil 8 orang, Ibu menyusui 17 orang, ditunda 1 orang dan yang menolak 2 orang.


"Ada yang menolak in dua orang sukarela," kata dr. Ady Priyanto kepada media ini.


Meski tidak disebutkan nama dua Nakes yang menolak untuk di Vaksin itu, namun dr. Ady Priyanto menjelaskan bahwa kedua orang tenaga kesehatan sukarelawan yang tidak mau di vaksin sudah diberikan penjelasan. Namun kedua orang tersebut tetap menolak untuk di Vaksin.


"Ya sudah kita jelaskan, ya mereka mungkin idelismenya masing-masing orang," tuturnya.


Padahal kata dr. Ady Priyanto, sebagai contoh kepada masyarakat semua pegawai dan nakes di UPT PKM Wera diwajibkan untuk di Vaksin.


"Semuanya wajib di vaksin," terangnya.


Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pihaknya belum bisa melakukan banyak hal. Apalagi memberikan sanksi kepada dua orang tenaga sukarelawan tersebut, melainkan pihaknya hanya bisa menunggu instruksi dari pemerintah diatasnya.


"Kita nunggu dari yang lebih atas, dari pemda atau dari dinas kesehatan atau  kalau vaksin inikan yang mengawasi langsung kan dari inspektorat," paparnya.


Meski demikian, dr. Ady Priyanto mengatakan bahwa kedua Nakes yang menolak untuk di vaksin itu akan diberikan sanksi sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.


"Sementara ini ya kita belum ada saknsi, tapi kemungkinan pasti ada. Karena nakes kan harusnya wajib," tegasnya.


Seperti pemberitaan sebelumnya, selain dua nakes yang menolak untuk di Vaksin Covid-19, ada juga yang memang tidak bisa di Vaksin yaitu Penyintas 51 orang, Comorbid 2 orang, Ibu hamil 8 orang, Ibu menyusui 17 orang dan ditunda 1 orang. Hingga saat ini UPT PKM Wera sudah melakukan Vaksin Covid-19 kepada 91 pegawai dan Nakes dengan vaksin jenis Merk Sinovac, penyuntikan intamusculer dengan dosis 0,5 ml.



Furkan/IN

×
Berita Terbaru Update