Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Kapasitas Pengurus BUMDes, Pemdes Sangiang Menggelar Pelatihan

Kamis, 21 Januari 2021 | 14.25.00 WIB

  

Foto: Usai menggelar pelatihan, pemerintah desa, pengurus BUMDes melakukan foto bersama.

Indikatorntb.com - Pemerintah desa Sangiang, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima menggelar pelatihan peningkatan kapasitas pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Al-Ikhlas tanun anggaran 2020, di aula kantor pemerintah desa setempat, Kamis (21/01/21).


Pemerintah desa Sangiang, meminta jasa pendamping dari dinas DPMDes Kabupaten Bima untuk memberikan pelatihan secara tatap muka. Dalam hal ini, Dinas DPMDes Kabupaten Bima menunjuk M. Din sebagai pemateri pelatihan.


Pelatihan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Sangiang tersebut, menghabiskan anggaran Dana Desa (DDS) Rp. 4,464,229.


Kepala desa Sangiang, Arasid H. Imran, SE melalui pelatihan tersebut, berharap semoga BUMDes Al-Iklas dapat berkembang dan bekerja secara profesional dalam mengelolah program atau unit usahanya.


"Semoga pelatihan itu dapat memberikan kemampuan dan ilmu pengetahuan yang memadai sehingga semua pengurus BUMDes dapat mengelola unit-unit usaha dengan baik dan profesional," ujarnya kepada media ini.


"BUMDes kedepan harus sukses, bisa meningkatkan perekonomian desa, mewujudkan kemandirian desa serta dapat meningkatkan pendapatan asli desa," lanjutnya.


Foto: Suasana pelatihan


Dalam pelatihan peningkatan kapasistas pengurus BUMDes tersebut, pemateri memberikan beberapa materi inti, diantaranya mengenai tugas, fungsi, hak dan kewajiban pengurus, penawas dan penasehat BUMDes, laporan keuangan, menyusun buku kas, pelaksanaan program kerja dan unit usaha dan lain-lain.


Usai mengikuti pelatihan peningkatan kapasistas tersebut, Candra Wahyoni, S.Hut Direktur BUMDes Al-Ikhlas desa Sangiang mengaku sangat terbantu. Menurutnya, pelatihan semacam itu sangat dibutuhkan oleh pengurus.


"Alhamdulillah, Insya Allah banyak ilmu baru yang kami dapatkan," tuturnya kepada media ini.


Pelatihan yang berlangsung sejak jam 09.00 Wita hingga 15.00 Wita tersebut, diikuti oleh Direktur BUMDes Candra Wahyoni, S.Hut, dan dua anggota lainnya Julfaidah dan Jirna sementara itu, Kepala Unit usaha, Bendahara dan 2 anggota BUMDes lainnya berhalangan untuk hadir.


Furkan/Indikatorntb


×
Berita Terbaru Update