Notification

×

Iklan

Iklan

Puluhan Nakes Terpapar Covid-19, Puskesmas Wera Terpaksa di Tutup

Selasa, 12 Januari 2021 | 13.29.00 WIB

 

Foto: UPT Puskesmas Wera tanpak depan (ist)

Indikatorntb.com - Tenaga Medis (Nakes) positif Covid-19, Unit Teknis (UPT) Puskesmas Wera di tutup sementara selama 3 hari, dan akan dibuka kembali pada hari Jum'at tanggal 15 Januari 2021 mendatang, Selasa (12/01/21).


Mulai hari Selasa tanggal 12 Januari 2021 sampai dengan Kamis tanggal 14 Januari 2021 UPT Puskesmas Wera terpaksa di tutup sementara lantaran Nakes terpapar Covid-19. Namun, pelayanan UGD, rawat inap dan KIA persalinan tetap dibuka.


Kebijakan menutup Puskesmas Wera merupakan langkah antisipasi pihak pukskesmas berdasarkan instrusksi kepala dinas kesehatan kabupaten Bima untuk menghindari penyebaran Covid-19.


"Itu atas instruksi dari kepala dinas kesehatan," Kata Sumantiar, S.Sos Kasubag PU Puskesmas Wera kepada media ini.


Menurut keterangan Sumantiar, tenaga medis Puskesmas Wera yang positif Covid-19 sebanyak 32 orang yang terdiri dari 9 orang pegawai tidak tetap, 10 orang PNS dan Sukarelawan 13 orang.


Hal itu diketahui setelah pihak Puskesmas Wera melakukan tes Swab pada hari Selasa tanggal 4 Januari 2020 lalu. Hasil Swab baru keluar pada tanggal 11 Januari 2020.


Lebih lanjut Sumantiar, menjelaskan meski ditutup sementara, Puskesmas Wera akan tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat oleh tenaga medis yang negatif Covid-19. 


"Insya Allah kita yang negatif Covid-19 akan tetap melayani masyarakat, kecuali rawat jalan saja yang kita ditutup," jelasnya.


Sumantiar dalam hal ini menegaskan bahwa Covid-19 bukanlah aib, tapi wabah dan musibah yang sedang melanda tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. 


"Ini wabah bukan aib, meski kami sudah seringkali melakukan penyuluhan, ya nama juga kita hidup bermasyarakat tetap kembali kepada kesadaran masing-masing," tutupnya.


Untuk sementara, tenaga medis yang positif Covid-19 sedang Isolasi Mandiri (Isma) ditempat masing-masing dan direncakan akan melakukan pemeriksaan atau kontrol ulang di RS. Sondosia.


Furkan/Indikatorntb


×
Berita Terbaru Update