Notification

×

Iklan

Iklan

Kronologis Pencurian Ternak Kerbau di Wera, Para Pelaku Sempat Dikepung

Selasa, 15 Desember 2020 | 10.22.00 WIB

 

Foto: Kedua pelaku (memegang kertas) saat diamankan di Polres Bima Kota.

Indikatorntb.com - Dua orang pelaku berencana menjual daging kerbau hasil mencuri di pasar Lama Kecamatan Sape, namun keduanya berhasil dikepung lalu diamankan oleh beberapa warga setempat, Selasa (15/12/20).


Minggu 13 Desember 2020, sekitar pukul 17.00 WITA, pelaku Andi (21) menjemput pelaku Ikraman (22) menggunakan motor Honda Scoopy, keduanya sama-sama berasal dari RT 001/RW 001, Dusun Sukamaju, Desa Kaleo, Kecamatan Lambu.


Mereka merencakan sebuah pencurian ternak kerbau dengan mengambil dagingnya untuk dijual. Kedua pelaku tiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP) sekitar pukul 18.00 WITA di So Oinoro, Dusun Radu, Desa Bala, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima.


Pelaku Andi bertugas menunggu kerbau keluar dari kubangan So Oinoro, sementara Ikraman bertugas untuk memantau situasi sekitar TKP diatas motor di pinggir jalan raya. 


Para pelaku menunggu situasi aman dan hari gelap, kemudian melancarkan aksinya sekitar pukul 19.00 WITA.


Pelaku Andi sudah menyiapkan racun jenis potas yang sudah dicampur dengan rumput dan kulit jagung tepat di pinggir kubangan So Oinoro. Tak lama kemudian, seekor kerbau keracunan dan roboh setelah keluar dari kubangan So Oinoro dan memakan racun itu.


Saat itulah para pelaku mulai melancarkan aksi pencurian itu dengan menyembelih kerbau menggunakan parang lalu mengkulitinya dengan pisau kater untuk diambil dagingnya.


Usai menyembeli dan mengkuliti, daging kerbau kemudian dimasukan kedalam karung/kampil putih. Setelah itu, para pelaku membawa daging dalam karung tersebut menggunakan motor honda Scoopy menuju arah Sape.


Foto: Barang bukti berupa motor merk Honda Scoopy saat diamankan oleh pihak kepolisian.


Rencananya pelaku akan menjual daging kerbau itu di pasar lama Kecamatan Sape, namun aksinya berhasil dikepung oleh warga desa Sangiang, Kecamatan Sape karena curiga dengan gerak gerik para pelaku.


Warga kemudian mengamankan para pelaku, tak lama setelah itu, anggota Polsek Sape datang ke TKP untuk mengamankan para pelaku. Pukul 14.30 anggota Polsek Wera dipimpin oleh Kapolsek IPTU. Husnain bersama anggota Polsek Sape bersama-sama mengamankan pelaku ke Rumah Tahanan Polres Bima Kota untuk diproses lebih lanjut.


"Terhadap Kedua pelaku sudah dilakukan penahanan dan ditahan di Ruang tahanan polres bima kota," Kata IPTU Husnain kepada media ini.


Berdasarkan hasil olah TKP, pihak kepolisian berhasil mengamankan beberapa barang bukti diantaranya,1 ( satu ) unit sepeda motor merk Honda Scoopy warna merah hitam, 1 (satu ) bilah parang patimura, 8 buah pisau kater, 1 (satu) pasang sandal merk stay milik Pelaku Andi (hasil olah TKP didapat jejak/bekas injakan sandal yang sama dengan sandal tersebut), 1 (satu) pasang sandal jepit sky way milik Ikraman, 1 celana jeans warna biru muda yang diduga ada bercak darah, 1 (satu) biji potas yang dibungkus kulit jagung dan 1 (satu) buah kampil warna putih yang digunakan membungkus daging.


Furkan/Indikatorntb


×
Berita Terbaru Update