Notification

×

Iklan

Iklan

Digunakan Untuk Menipu, Akun Facebook Milik Warga Sangiang ini di Hack

Kamis, 05 November 2020 | 18.43.00 WIB

 

Foto: Screenshot akun Facebook @Herlina yang di Hack

Indikatorntb.com - Akun Facebook @Herlina milik warga dusun Tewo, desa Sangiang, Kecamatan Wera Kabupaten Bima di Hack. Sang Hacker kemudian menggunakan akun @Herlina untuk menipu, dengan berkedok promo smarphone murah meriah, Kamis (05/11/20).


Pertiwa penipuan diketahui setelah sang Hacker menggunakan akun Facebook @Herlina untuk membuat postingan palsu (penipuan) sekitar pukul 14.39 WITA. Dalam postingan tersebut, herlina seolah-olah mendapatkan hadiah dari JNE berupa smartphone Vivo V17 Pro yang dikirim oleh admin Event Smartphone.


Herlina mengaku kaget dan terkejut setelah mendapatkan hadiah itu, dalam postingan itu ia seolah sedang berbagai kebahagiaan dan informasi tentang tentang cara mendapatkan hadiah sepertia yang ia alami, yaitu dengan cara menjadi peserta Event Smartphone dan mentransfer uang sebesar 1.5 juta rupiah kepada sang admin.


Kelihatannya seperti benar-benar Herlina, tapi nyatanya bukan. Postingan itu dibuat oleh sang hacker. Hal itu bisa dilihat dari kolom komentar dari netizen yang beragam. Ada yang percaya, ada juga yang tidak percaya.

Foto: Screenshot postingan sang Hacker menggunakan akun @Herlina untuk menipu netizen.

Ditambah, saat reporter Indikator Ntb News menghubungi pemilik akun @Herlina untuk mencari tahu kebenarannya, ternyata akun sudah dikuasai oleh sang Hacker. Hal itu terlihat ketika chat massanger selalu dibalas dengan bahasa Indonesia alias tidak bisa bahasa Bima, padahal chat massanger itu menggunakan bahasa Bima.


Reporter Indikator Ntb News kemudian menghubungi salah satu keluarga Herlina, untuk menanyakan kebenarannya. Menurut pengakuan akun Facebook @Migon Setiawan salah satu keluarga Herlina, akun Facebook Herlina sudah di Hack, sekitar Oktober 2020 lalu.


"Iya betul, sudah lama. Sekalian tolong klarifikasi. Jangan sampai orang menganggap itu perbuatan kak Herlina," Katanya saat dihubungi via Massenger.


Hingga berita ini ditulis, akun Facebook @Herlina masih dikuasai oleh sang hacker untuk menipu netizen berkedok promo Samrtphone murah meriah. Diharapkan agar Netizen hati-hati dan tetap waspada terhadap postingan akun tersebut.


Furkan/Indikatorntb 





×
Berita Terbaru Update