Notification

×

Iklan

Iklan

Lolos Verifikasi dan Validasi, 20 KK di Sangiang Jadi Peserta Bedah Rumah

Selasa, 17 Desember 2019 | 18.36.00 WIB
Foto: Kondisi rumah salah satu penerima manfaat sebelum di renovasi.
Indikatorntb.com - Setelah memenuhi syarat verifikasi dan Validasi, sebanyak 20 kepala keluarga di desa Sangiang menerima manfaat program rehabilitasi sosial rutilahu atau yang di kenal dengan bedah rumah dari Kementerian Sosial RI tahun anggaran 2019, Senin (16/12/19).

Kelompok penerima manfaat program bedah rumah tersebut, beranggotakan 20 kepala keluarga yang terdiri dari ketua kelompok, sekertaris, bendahara dan anggota.

"20 kayaknya," Ungkap Sekertaris kelompok penerima manfaat program rehabilitasi rutilahu desa Sangiang dalam sebuah rekaman pembicaraan yang diterima oleh media ini.

Lebih lanjut dalam rekaman pembicara tersebut mengatakan bahwa, pelaksanaan program bedah rumah di desa Sangiang akan dikerjakan sebaik mungkin, masyarakat penerima manfaat dikatakannya sangat bersyukur dengan adanya program bedah rumah.

"Oleh karena ini pekerjaan di kampung sendiri ya dikerjakan dengan baik, cuman bentuk kesadaran masyarakat penerima manfaat bersyukur ada bantuan," Tuturnya.

Ditanya soal besaran bantuan dana sosial untuk program bedah rumah, Fahni mengiayakan bahwa, anggaran masing-masing perumah sebesar 10 juta rupiah.

"iya," Jawabnya.

Untuk diketahui, Ke 20 kepala keluarga anggota kelompok tersebut, ditetapkan sebagai penerima manfaat program rehabilitasi sosial rutilahu oleh Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin, setelah dinas sosial Kabupaten Bima dan Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin melakukan verifikasi dan validasi calon penerima Bantuan Sosial Rehabilitasi Sosial Rutilahu atas usulan proposal dinas sosial daerah kabupaten.

Sebelum ditetapkan sebagai penerima manfaat, 20 anggota kelompok tersebut, setidaknya harus memenuhi syarat sebagamana diatur dalam peraturan menteri sosial no. 20 tahun 2017 tentang rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni dan sarana prasarana lingkungan Pasal 4
yang menyatakan;

Calon penerima Bantuan Sosial Rehabilitasi Sosial Rutilahu harus memenuhi syarat:
a. Fakir Miskin yang terdata dalam data terpadu program penanganan Fakir Miskin;
b. belum pernah mendapat Bantuan Sosial Rehabilitasi Sosial Rutilahu;
c. memiliki kartu identitas diri atau kartu keluarga; dan
d. memiliki rumah di atas tanah milik sendiri yang dibuktikan dengan sertifikat/girik atau surat keterangan kepemilikan dari camat selaku Pejabat Pembuat Akta Tanah.

Furkan/Indikatorntb
×
Berita Terbaru Update