Notification

×

Iklan

Iklan

Pemprov NTB Menggelar Acara Peringatan Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia

Kamis, 31 Oktober 2019 | 22.14.00 WIB
Foto bersama Wakil Gubernur Ntb usai membuka acara secara resmi.
Indikatorntb.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Pemerintah Kota Mataram dan OSP5 Provinsi NTB menggelar acara peringatan hari habitat dunia dan hari kota dunia dengan tajuk "Generasi Masa Depan, Generasi Peduli Sampah" di Sungai Jangkuk, Ampena, Kota Mataram, Kamis (31/10/19).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah dan dihadiri oleh sejumlah OPD Lingkup Pemprof NTB, Pemerintah Kota Mataram, Komunitas Masyarakat Peduli Sungai, serta masyarakat secara luas.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur NTB mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus bergerak menjaga dan melestarikan keberlangsungan hidup sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

"Kita tidak mau pada saat acara saja kita bergerak, kita sama-sama menunjukan kepedulian kita. Tetapi hari-hari setelah itu akan kembali lagi seperti hari-hari biasanya," Ajak Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah kepada seluruh elemen masyarakat yang hadir pada acara tersebut.

Selain itu, Wakil Gubernur NTB yang akrab disapa Umi Rohmi itu berharap agar masyarakat menanam pohon dan program-program Zero Waste seperti bank sampah betul-betul mengkapanyekan pengelolaan sampah hingga ke rumah.

"Mulai sekarang dan tidak boleh nunggu lagi, mari sungguh-sungguh kita jaga lingkungan, kita lakukan penanaman pohon, pengelolaan sampah. Kuncinya adalah bagaimana kita mengkampanyekan pilah sampah dari rumah," Harapnya.

Sementara itu, Team Leader Kotaku OSP5 NTB, Nur Hadi menjelaskan bahwa, pelaksanaan acara peringatan Hari habitat dunia dan hari kota dunia adalah sejalan dengan visi utama Pemprov NTB menyangkut Nol Sampah (Zero Waste). Pelaksanaan program-program Kotaku disetiap daerah di Indonesia terutama di NTB berorintasi pada proyeksi nol kumuh.

"Nama Kotaku ini kan singkatan dari Kota Tanpa Kumuh, jadi kami pun sangat mendukung apa yang dilakukan pemprov NTB saat ini," Terangnya.

Kegiatan yang diisi dengan gotong royong dan kerja bakti yang dibagi ke 10 zona tersebut berlangsung meriah. Pemusatan kegiatan di Sungai Jangkuk tersebut pun, bukan tanpa alasan, Mimpi pemerintah setempat mewujudkan "Singapura" Lokal bernama Mataram seperti yang diidamkan oleh Walikota Mataram dan Gubernur NTB sudah mulai nampak di depan mata. Sebab, Kementerian PUPR sedang melakukan pembangunan infrastruktur yang dipusatkan di DAS Jangkuk.

Furkan/Indikatorntb
×
Berita Terbaru Update