Notification

×

Iklan

Iklan

Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Kamis, 22 Agustus 2019 | 18.57.00 WIB
Foto: Penulis
Pendidikan sudah tidak asing lagi bagi kita, dalam kehidupan tidak akan pernah terlepas dari proses belajar. Seseorang dikatakan telah belajar apabila terjadi perubahan tingkah laku dalam diri, adanya perubahan yang berawal dari tidak tahu menjadi tahu, yang tidak paham menjadi paham dan yang ragu menjadi lebih mantap. Terkait dengan itu, Bahasa Indonesia merupakan salah satu tombak utama dalam dunia pendidikan.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa pertama yang kita gunakan dimana pun kita berada, sebagai salah satu fungsinya yakni untuk mempersatukan suku dan bangsa karena memang Indonesia memiliki beragam budaya dari budayapun memiliki berbagai macam bahasa.

Melanjutkan pendidikan bahasa Indonesia kejenjang university sering dipertanyakan, kenapa harus belajar bahasa Indonesia dari sekolah dasar bahkan mulai kita lahir selalu diajarkan untuk berkomunikasi, bukankah kita orang Indonesia sudah mampu berbahasa Indonesia dengan baik? Mungkin, sudah banyak yang tahu bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa yang harus kita pelajari, salah satunya untuk menjalin komunikasi dengan sesama. Kali ini saya tegaskan bahwa pendidikan bahasa Indonesia sangatlah penting tidak hanya dengan baik tetapi bahasa Indonesia yang benar.

Bahasa Indonesia yang baik merupakan bahasa yang dapat dipahami oleh lawan bicara, sedangkan bahasa yang benar merupakan bahasa yang sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan.

Pendidikan bahasa Indonesia memiliki empat keterampilan yakni, menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Dalam menyimak sesuatu membutuhkan berpikir yang sistematik untuk itu diperlukan pengetahuan terkait bahasa Indonesia dan yang paling utama mengolah gagasan itu sendiri. Selanjutnya, dalam berbicara dan membaca, semakin banyak pengetahuan yang kita baca, semakin banyak yang diketahui.

Terdakang kita menyadari setelah kita membaca masih banyak yang belum dikatahui dan harus kita gali dengan rasa ingin tahu karena memang masih banyak yang tidak diketahui dibalik pengetahuan yang didapatkan. Sedangkan menulis merupakan salah satu juga dari berbagai keterampilan dalam pendidikan bahasa Indonesia, dari keempat keterampilan diatas saling mempengaruhi dan masing-masing memiliki tujuan khusus yang sangat berpengaruh dalam kehidupan bersosial, agama dan lain-lain.

Berbeda dengan cara kita berkomunikasi dalam situasi formal dengan nonformal. Masih banyak yang meremehkan bahwa kita mempelajari bahasa Indonesia akan buang-buang waktu yang kita miliki, karena dari pandangan yang minim akan bernilai rendah. setelah kita sadari bahwa bahasa Indonesia sangatlah bermanfaat untuk kedepan, dalam menulis status disosial media bisa saja menggunakan bahasa yang nonformal karena tidak dipermasalahkan karena bersifat umum.

Menulis makalah, surat dinas, proposal dan yang sejenisnya membutuhkan bahasa yang baik dan benar, Begitu juga dengan berbicara dan membaca, kita gampang untuk bercerita dihadapan teman-teman tetapi tidak dalam situasi formal seperti berbicara di depan umum yang diperlukan bahasa yang baik dan benar supaya pendengar bisa menyerap informasi yang kita sampaikan dapat diterima dengan baik.

Bahasa Indonesia tidak hanya dibutuhkan oleh seorang guru yang akan berbicara dengan para siswanya tetapi profesi apapun yang dimiliki memerlukan bahasa Indonesia yang baik dan benar, seperti seorang dokter ia harus menguasai mempelajari bahasa Indonesia karena melayani pasien diperlukan bahasa yang baik supaya pasien juga merasa nyaman setelah mendengar saran-sarannya. begitu juga dengan profesi lainnya membutuhkan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Penulis: Nurfidah
×
Berita Terbaru Update