Notification

×

Iklan

Iklan

Begini Persiapan FSA 2019, Butuh Dana Ratusan Juta Rupiah

Minggu, 30 Juni 2019 | 16.51.00 WIB
Foto: Erwin Ketua Panitia FSA 2019 (Kemeja Biru/dari kanan) bersama pemdes Sangiang saat bertemu dengan Gubernur NTB di kantor Gubernur NTB, Mataram).
Indikatorntb.com - Festival Sangiang Api (FSA) 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juli - 17 Agustus 2019 mendatang. Kegiatan yang bertajuk "Elok Sangiang-ku, Ramah Bima-ku, Gemilang NTB-ku" itu, akan menampilkan 6 item kegiatan sekaligus, Minggu (30/06/19).

Lomba sampan layar tradisional, lomba sampan layar junior, lomba sampan dayung, jelajah gunung sangiang, panggung kesenian, gebyar kuliner dan kerajinan adalah 6 item kegiatan andalan Festival Sangiang Api 2019.

Untuk menyukseskan Festival Sangiang Api 2019 membutuhkan suntikan dana sebesar 150 juta rupiah. Dana yang terkumpul baru 80 juta rupiah yaitu, dari pemerintah Desa Sangiang 50 juta rupiah, dari Dinas Pariwisata Kabupaten Bima 30 juta rupiah.

"Anggaran cukup besar sekitar 150 juta rupiah," Ungkap Erwin Ketua panitia pelaksana kepada Indikator NTB News.

"Panitia sekarang belum pegang anggaran, baru dapat pos dari desa 50 juta rupiah dan dinas pariwisata kabupaten 30 juta rupiah itu blum dipotong pajak," Tambahnya.

Untuk meminimalisir kekuarangan dana, Panitia Pelaksana sedang berupaya mencari sponsor, donatur dan kerja sama dengan pihak-pihak terkait. Hingga saat ini, upaya tersebut masih dalam proses lobi.

"Ada usaha yang ditempuh dengan proposal dan sponsor dalam lobi," Jelas Erwin.

Sebelumnya Erwin yang di dampingi Pemerintah Desa Sangiang pernah menghadap berkunjung ke Kantor Gubernur NTB bertemu langsung dengan Gubernur. Menurut keterangan Erwin, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mengaku siap membantu dengan dana, namun jumlahnya tidak disebutkan.

"Sekarang kita lagi tunggu info dari pihak provinsi terkait anggaran," Imbuhnya.

Menurut Erwin, Festival Sangiang Api 2019 merupakan kegiatan yang selaras dengan visi dan misi Pemerintah, baik pemerintah Desa, Kabupaten, Bahkan provinsi.

"Kegiatan ini sangat potensial tuk tiap aspek untuk kesinambungan Sangiang yang elok menunjang Bima ramah hingga NTB gemilang," Tuturnya.

Lebih lanjut, Erwin berharap agar pemerintah Provinsi NTB memberikan dukungan penuh demi suksesnya kegiatan tersebut. Erwin juga menegaskan, bahwa sponsorship tidka akan rugi jika menjalin kerjasama dengan panitia pelaksana Festival Sangiang Api 2019.

"Ini kegiatan besar yang tentunya harus ada atensi khusus dari pihak provinsi karena sudah masuk dalam agenda provinsi dan sponsor tidak akan rugi kalau kerja sama dengan kita," Terangnya.

"Maka dukungan dan kerjasama dari semua pihak sangat diharapkan untuk suksesnya hajatan tahunan festival sangiang api ini," tutupnya.

Direncanakan, Panitia Festival Sangiang Api 2019 akan turut meramaikan perayaan hari jadi Bima dengan menampilkan atraksi lomba sampan layar tradiaional di teluk Bima. Serta menampilkan tata cara memasak kalempe di stand panitia.

Reporter: Furkan
Editor: Subhan
×
Berita Terbaru Update