Notification

×

Iklan

Iklan

Pemuda Kolo Gandeng Babuju Mandiri Untuk Memulai Usaha Budidaya Buah dan Sayur

Kamis, 14 Maret 2019 | 10.58.00 WIB
Pemuda Kolo Kota Bima saat sharing budidaya dan konsultasi usaha dengan Rangga Babuju/Julhaidin
Editor : Subhan Al Karim

Indikatorntb.com - Kebutuhan Sayur mayur dan Buah-buahan di Bima, baik di kota maupun di Kabupaten Bima sangat tinggi dalam 5 tahun terakhir. Lebih-lebih sayur mayur dan buah yang dibudidaya secara organik.

Hal ini yang menjadi dasar bagi para Pemuda Kolo Kota Bima untuk menggelar sharing budidaya dan konsultasi usaha yang dimaksud.

Lahan telah disiapkan oleh para pemuda yang memang bergerak di bidang pertanian dan perkebunan. Oleh karenanya, melalui Karang Taruna Kelurahan Kolo, Rangga Babuju di undang untuk sharing pengetahuan dan pengembangan usaha yang dimaksud, pada Rabu malam tadi (13/3) berlokasi di Kelurahan Kolo Kecamatan Asakota.

Ketua Karang Taruna Kolo, Sirajuddin, menyampaikan keinginan Pemuda untuk budidaya sayur mayur dan buah. Namun yang menjadi kendala adalah informasi dan pemasarannya. 

"Kami, sebagian anak muda Kolo sangat berharap pendampingan dari BABUJU MANDIRI untuk usaha budidaya ini, minimal kami diarahkan untuk tanam apa dan mulai kapan agar bisa dipanen dan dipasarkan pada waktu yang tepat," Tutur nya.

Rangga Babuju atau yang bernama asli Julhaidin yang juga sekaligus CEO Babuju Mandiri mengapresiasi inisiatif pemuda Kolo untuk memulai budidaya sayur mayur dan buah-buahan organik ini. 

"Saya senang ada yang mau memulai dan sudah menyiapkan lahan. Saya pastikan untuk melakukan Pendampingan, baik terkait bibit hingga pangsa pasarnya," Tegas Rangga yang disambut teriakan semangat pemuda Kolo yang ikut dalam sharing Budidaya kali ini.

Lebih lanjut, kegiatan sharing yang dikemas secara sederhana ini, Rangga menambahkan bahwa Pemuda harus menjadi garda terdepan dalam perubahan paradigma berpikir di era sekarang. 

"Pemuda jangan diam berpangku tangan dan menjadi penonton dirumah sendiri. Ia harus bangkit menemukan solusi atas perkembangan yang terjadi dan tentu saja, ada banyak peluang yang mengitari potensi yang dimiliki," Jelasnya.

Edy, salah seorang Pemuda Kolo yang ikut dalam sharing tersebut merasa termotivasi dan ingin cepat bergerak untuk memulai apa yang telah disampaikan. 

"Saya baru kali ini mendengarkan pemaparan soal ekonomi kreatif Budidaya Sayur mayur dan buah, dan saya tergerak untuk segera melakukan sesuatu untuk memulai berbudidaya ini" Ungkapnya semangat.

Sharing wirausaha ini diikuti oleh belasan pemuda Kolo yang bergerak dibeberapa bidang usaha, ada yang mengais rejeki sebagai nelayan, ada pula yang sedang mengembangkan usaha ayam super. Pemuda Kolo melalui Karang Taruna Kolo mulai menyadari geliat perubahan yang terjadi dan butuh gerakan cepat untuk sekedar bertahan hidup, lebih-lebih mempertahankan kehidupan keluarga mereka kedepannya.
×
Berita Terbaru Update