Notification

×

Iklan

Iklan

NDP Sebagai Ideologi Gerakan; Studi Tentang Perumusan Humanisme Modern

Senin, 14 Mei 2018 | 13.44.00 WIB
Foto : Penulis
Indikatorntb.com - Dan tidak ada dosa bagi kalian karena melakukan kesalahan yang tidak kalian sengaja, akan tetapi yang berdoasa ialah yang kalian sengaja dari hati (Qs. Al Ahzab: 5)

NDP merupakan sebuah nilai-nilai yang didalamnya terkandung ajaran kebenaran (hanief), yang perlu kita pelajari agar kedepanya semoga lebih baik dalam mengenal kehidupan.

Dan manusia memerlukan salah satu bentuk kepercayaan, karena dengan kepercayaan tersebut akan lahir tata nilai-nilai, guna untuk menopang kehidupan yang lebih baik. Kehidupan yang benar dimulai dari percaya kepada Tuhan yang maha Esa dan berkeinginan mendekatkan diri kepada Allah SWT yaitu dengan bertakwa.

Dalam hal ini, Iman dan takwah bukanlah sebuah nilai yang abstrak adanya, akan tetapi merupakan nilai-nilai kebenaranya yang benar adanya karena kerja keras manusia dan dengan melihat secara jelas keadaan dunia, sehingga manusia dapat meningkatkan amal sholeh nya. Iman dan takwah tidak akan memberi kita apa-apa melainkan dengan usaha-usaha nyata, dan bersungguh-sungguh dalam mencari nilai ridho dari Allah SWT.

NDP tidaklah dapat dicapai dengan baik tanpa kita landasi dengan nilai Al-Quran dan Hadist, bahwa Al-Quran merupan sumber utama adanya NDP, sehingga kita dapat mempelajari NDP dengan baik.

Rasa rasanya NDP tidaklah begitu lengkap tanpa dilandasi dengan nilai-nilai kebenaranya yang terkandung dalam Al-Quran. Dengan tujuan akhir yang dicapai oleh kita ialah Iman, Ilmu, dan Amal. Berimanlah karena benar-benar mengharap ridho dari Allah SWT, dan berilmulah sesuai dengan tuntutan yang Allah perintah, demi tercapainya nilai kebahagiaan dalam berkehiduapan, dan beramal solehlah karena Allah SWT.

Kader HMI harus benar-benar mengetahui prinsip utama dalam membenahi proses pemikiranya, sehingga tidak hanya berpikir subjektif untuk memecahkan masalah, apalagi masalah tuhan yme, bahwa kebenaranya adalah kita tidak disuruh untuk mempertanyakan dan mengetahui lebih jauh tentang bentuk tuhan itu sendiri melainkan kita hanya diseru untuk menjalankan kewajiban yaitu ibadah.

Penulis : M. Akhier
×
Berita Terbaru Update