Notification

×

Iklan

Iklan

Kades Tawali dan Nangawera Dalam Pusaran Prestasi, Siapa Lebih Cepat Punya SPM Desa?

Sabtu, 06 Februari 2021 | 19.15.00 WIB

 

Foto: Kepala Desa Nangawera, Umar, SH (kiri) dan Kepala Desa Tawali, Abdul Muis HAM (Kanan).

Indikatorntb.com - Berlomba-lomba dalam sebuah prestasi, Kepala desa Nangawera Umar, SH dan Kepala Desa Tawali, Abdul Muis HAM ditantang untuk membuat Standar Pelayanan Minimal (SPM) Desa, Sabtu (06/02/21).


Kedua kepala desa di Kecamatan Wera, Kabupaten Bima itu, mengaku siap untuk berlomba-lomba dalam menciptakan prestasi demi prestasi.


Sebab, hampir seluruh Pemerintah desa yang ada di Kabupaten Bima belum memiliki SPM Desa. Padahal, SPM Desa sangat dibutuhkan, baik oleh pemerintah desa itu sendiri maupun oleh masyarakat setempat. Semua demi meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat serta meningkatkan kinerja pemerintah desa.


Dalam ketentuan pasal 4 Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor. 2 Tahun 2017 tentang Standar Pelayanan Minimal Desa menyatakan, bahwa SPM Desa ditetapkan oleh Kepala Desa melalui Keputusan Kepala Desa.


Sehingga menjadi desa pertama yang berhasil membuat Keputusan Tentang SPM Desa dapat dikatakan sebagai sebuah prestasi yang patut diacungi jempol. 


Dihubungi secara terpisah, Kepala Desa Tawali dan Kepala Desa Nangawera mengaku siap untuk berlomba-lomba dalam mencapai sebuah prestasi.


Meskipun kedua kades itu menyadari bahwa substansinya bukanlah perlombaan melainkan keberadaan SPM Desa yang diharapkan mampu meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat.


Namun tetap saja, kedua kades itu ingin memacu dan tancap gas dalam membangun desa yang lebih baik, kira-kira siapa yang lebih dulu berhasil membuat keputusan tentang SPM Desa? Simak pernyataan mereka di bawah ini.


Kepala Desa Nangawera, Umar, SH kepada media ini menyatakan bahwa dirinya akan memberikan pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat, salah satunya dengan cara membuat SPM Desa sesuai dengan kebutuhan dan kondisi desanya.


"Itu keinginan saya sejak dulu, tapi karena Corona kita tidak bisa berbuat banyak. Tapi Insya Allah tahun ini Desa Nangawera akan punya SPM Desa," terang Ketua Forum Kepala Desa Kecamatan Wera ini.


Ditantang siapa lebih cepat untuk memiliki SPM Desa itu, Kepala Desa Nangawera mengaku siap menjadi desa pertama yang memiliki SPM Desa.


"Kami siap menjadi desa yang pertama memiliki, SPM Desa," katanya kepada media ini penuh semangat.


Dihubungi secara terpisah Kepala Desa Tawali, Abdul Muis HAM juga tidak mau kalah. Menurutnya, memberikan pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat merupakan sebuah kewajiban bagi pemerintah desa. 


"Dan itu harus, supaya masyarakat punya kepastian dalam hal mendapatkan pelayanan yang terbaik," terangnya.


Bahkan, Abdul Muis HAM menargetkan bahwa SPM Desa Tawali akan diselesaikan di semester pertama tahun 2021 ini. 


"Kita akan selesaikan semester ini," tegasya merasa tertarik untuk menjadi kades pertama yang punya SPM Desa.


Dalam hal ini siapa kira-kira yang gesit dan lebih cepat dalam membuat Keputusan Tentang SPM Desa. Kepala Desa Tawali atau Kepala Desa Nangawera? Kita tunggu saja hasilnya ya.


Meskipun substansinya bukan siapa yang lebih cepat dalam membuat keputusan tentang SPM Desa, namun menjadi kepala desa Pertama yang berhasil membuat Keputusan tentang SPM Desa di Kabupaten Bima, khususnya di Kecamatan Wera patut diacungi jempol bahkan diberikan penghargaan.


Furkan/IN

×
Berita Terbaru Update