Notification

×

Iklan

Iklan

Dishub Kab. Bima Lirik BUMDes Al-Ikhlas Sangiang Operasikan Kapal Bantuan

Selasa, 23 Februari 2021 | 15.52.00 WIB

 

Foto: Suasana Pertemuan bersama antara Dishub Kabupaten Bima, Bappeda, BPMDes, TA. Pendamping P3MD, BPD dan BUMDes Al-Ikhlas desa Sangiang.

Indikatorntb.com - Dinas Perhubungan Kabupaten Bima melirik kesiapan dan keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Al-Ikhlas Desa Sangiang, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima untuk mengoperasikan Kapal Barang seharga 1.050.000.000 Miliar, Selasa (23/02/21).


Kedatangan rombongan Dinas Perhubungan Kabupaten Bima bersama Bappeda, BPMdes, dan TA. Pendamping P3MD yang di sambut hangat oleh Pemerintah desa Sangiang, BPD serta Pengurus BUMDes Al-Ikhlas Sangiang tersebut, membahas seputar rencana kerjasama atau kerja bersama untuk pengoperasian kapal bantuan.


Hal itu disampaikan oleh Drs. H. Arifuddin dalam sambutannya di Aula Kantor Pemerintah desa Sangiang. Ia menjelaskan bahwa pihaknya sedang melirik beberapa desa pesisir yang akan mengoperasikan kapal bantuan, salah satunya adalah desa Sangiang melalui BUMDes-nya. 


"Ade rencana, Alhamdulillah masuk juga untuk desa Sangiang. Nanti keputusan akhirnya tergantung kelayakan dan kesiapan pengurus BUMDes-nya," paparnya.


Lebih lanjut, Arifuddin menjelaskan bahwa jika nantinya BUMDes Al-Ikhlas dinilai layak dan memiliki kesiapan untuk mengoperasikan kapal bantuan, maka pengoperasiannya harus melibatkan masyarakat lokal.


"Kapal bantuan itu harus berdaya guna dan berhasil guna bagi masyarakat setempat," katanya.


Beberapa persyaratan administrasi yang harus disiapkan oleh pengurus BUMDes diantaranya, Profil BUMDes, Perdes tentang pembentukan BUMDes, Surat Keputusan tentang Kepengurusan, Bisnis Plan dan syarat-syarat administrasi lainnya. 



Selain itu BUMDes juga harus memiliki modal yang cukup, mengingat pengoperasian kapal membutuhkan biaya yang cukup banyak, mulai dari biaya pengoperasian, pemeliharan dan biaya-biaya administrasi atau surat-menyurat kapal.


Mendengar hal itu, Kepala desa Sangiang, Arasid, H. Imran SE mengaku bersyukur dan berterima kasih atas kedatangan dan kunjungan Dinas Perhubungan Kabupaten Bima beserta Rombongannya. Ia berharap semoga BUMDes Al-Ikhlas Sangiang bisa dipercaya untuk mengelolah dan mengoperasikan kapal bantuan yang dimaksud.


"Insya Allah BUMDes kita siap dan memiliki kelayakan untuk itu," ujarnya.


Sementara itu, Direktur BUMDes Al-Ikhlas, Candra Wahyoni, S.Hut bersama pengurus lainnya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempersiapkan dan melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan oleh Dishub Kabupaten Bima. 


"Insya Allah, secepatnya," ucapnya.


Sebagai informasi tambahan, Sebelumnya Dinas Perhubungan Kabupaten Bima juga mendapatkan bantuan kapal jenis kargo/barang berkapsitas 12 Ton dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. 


Untuk mengoperasikan kapal itu, Dinas Perhubungan Kabupaten Bima bukannya menunjuk BUMDes Al-Ikhlas Sangiang, tapi menunjuk salah satu koperasi yang ada di desa Sangiang. 


Furkan/IN

×
Berita Terbaru Update