Notification

×

Iklan

Iklan

Pemuda Sangiang Membentuk TPF Kawal Penyaluran Bansos dan Pelaksanaan Program Desa

Rabu, 10 Juni 2020 | 17.26.00 WIB
Foto: Tim Pencari Fakta saat mengundang TKSK Kec. Wera untuk membicarakan data KPM BPNT beberapa waktu yang lalu.
Indikatorntb.com - Pemuda dan Mahasiswa Desa Sangiang, Kec. Wera, Kab. Bima membentuk Tim Pencari Fakta (TPF) untuk mengungkap dugaan tindak pidana dalam proses penyaluran semua bantuan sosial yang ada di Desa Sangiang, Rabu (10/06/20).

"Alhamdulillah, tim sudah dibentuk bahkan sudah bekerja," Tutur Bagas mahasiswa jurusan Ilmu Hukum Universitas Nahdlatul Wathan Mataram kepada media ini.

Tim Pencari Fakta yang beranggotan 5 orang tersebut, di pimpin oleh Azhar atau yang akrab disapa Bagas sedang melakukan investigasi pada pelaksanaan dan proses Bansos, diantaranya BST Kemensos, BLT-DD, PKH dan BPNT.

"Kami ingin mencari tahu fakta sekaligus mengungkap beberapa temuan yang menurut kami cukup mencengangkan," Terang Bagas.

Selain itu, Tim tersebut juga sedang melakukan investigasi terkait beberapa permasalahan yang ada di desa Sangiang yaitu, Permasalahan aset desa yang tidak jelas keberadaan dan pengelolaannya, anggaran krisis air bersih, program listrik gratis, pungutan dalam pelaksanaan PRONA/PTSL dan beberapa program desa serta pengelolaan anggaran BUMDes Al-Ikhlas Desa Sangiang sejak tahun 2017 hingga tahun 2020.

"Selain program yang masuk ke desa, Tim ini juga kami bentuk untuk mengawal pelaksanaan program-program desa dan pengelolaan anggaran untuk BUMDes," Papar Bagas.

Tim Pencari Fakta juga ingin mendorong pemerintah desa Sangiang agar segera melaksanakan musyawarah desa (musdes) sesuai surat edaran Bupati Bima Perihal verifikasi dan validasi basis data terpadu oleh desa.

"Selain itu, kami juga ingin mendorong Pemdes agar segera melakukan musdes supaya basis data terpadu ada perbaikan," bebernya.

Direncanakan minggu ini, Tim Pencari Fakta akan mengajukan surat permohonan audiensi kepada Pemdes Sangiang untuk membahas beberapa temuan lapangan oleh Tim Pencari Fakta.

"Insya Allah besok kami bersurat," Tutup Bagas.

Tim/Indikatorntb

×
Berita Terbaru Update