Notification

×

Iklan

Iklan

Beda Biaya Rapid Test, di Bima Mahal, Dompu Murah Meriah

Selasa, 23 Juni 2020 | 10.02.00 WIB
Foto: Lokasi pelayanan Rapid Test di UPTD Puskesmas Rasabou.
Indikatorntb.com - Biaya Rapid Test di Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu sangat jauh berbeda. Jika Di Kab. Bima mencapai angka ratusan ribu rupiah perorang, maka di Kab. Dompu hanya puluhan ribu rupiah perorang, Selasa (23/06/20).

Ambil saja contoh pelayanan Rapid Test yang dilakukan oleh Laboratorium Klinik Mitra Medika di Kabupaten Bima dan Rapid Test yang dilakukan oleh UPTD Puskesmas Rasabou di Kabupaten Dompu. Prosedurnya sama, bedanya hanya di biaya saja.

Jika di Laboratorium Klinik Mitra Medica di Kabupaten Bima biayanya 450 hingga 500 ribu rupiah perorang, maka di UPTD Puskesmas Rasabou di Kabupaten Dompu hanya 15 ribu rupiah perorang.

"Emang di Bima berapa? Kami disini hanya 15 ribu rupiah perorang," Kata salah satu petugas medis yang bertugas kepada media ini.

Saat ditanya mengapa biaya Rapid Test bisa semurah itu, salah satu petugas medis mengatakan bahwa UPTD Puskesmas Rasabou mendapatkan bantuan dana dari salah satu perusahaan pertambangan.

"Kami dapat bantuan dana," Kata Petugas medis kepada media ini.

Sementara itu, di Kabupaten Bima beberapa peserta Rapid Test mengeluh soal biaya. Baginya Rapid Test di Kabupaten Bima sangat memberatkan masyarakat.

"Kalau tau gitu saya test di Dompu saja kemarin," Beber salah satu peserta Rapid Test yang tidak mau disebutkan namanya kepada media ini.

"Saya bayar 500 ribu, padahal tertera disana cuman 450 rb. Katanya biar cepat di proses, soalnya kita buru-buru," beber peserta lainnya.

Foto: Lokasi Rapid Test di Laboratorium Klinik Mitra Medica

Seperti yang diketahui, Pemerintah telah mewajibkan masyarakat yang berpergian selama pandemi untuk mengikuti rapid atau Polymerase Chain Reaction (PCR) tes. Hal itu disamapikan oleh ketua Gugus Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo.

"Setiap orang yang berpergian wajib menunjukan surat surat keterangan telah mengikuti rapid test untuk jangka waktu kadaluwarsa 3 hari dan PCR Test untuk jangka waktu kadaluwarsa 7 hari," Katanya dikutip dari Chanel Youtube BPNP (25/05/2020).

Tim/Indikatorntb

×
Berita Terbaru Update