Notification

×

Iklan

Iklan

Mantap! KPM PKH 'Ditatar' Tentang Program Bank Sampah

Selasa, 07 Januari 2020 | 19.15.00 WIB
Foto: Suasana kegiatan KPM PKH dalam mengelolah sampah.
Indikatorntb.com - Program unggulan Zero Waste Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB), ke depan dinilai akan memiliki multiplier effect jika diimplementasikan dengan cermat dan tepat sasaran.

Sebagaimana sasaran penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial RI. Akan diupayakan mendapatkan informasinya tentang program Zero waste Pemrov NTB. Seluruh SDM PKH, terutama Pendamping PKH dapat mewjudukan transformasi informasi tersebut melalui modul Kesehatan dan Gizi dalam setiap pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) atau Famiky Development Session (FDS)

Menurut Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB melalui Kabid Linjamsos, Sulaiman Jamsuri S Ag M.Ap, Pola penanganan sampah terintegrasi itu, masyarakat setempat diberi akses untuk aktif terlibat dalam menyelesaikan masalah sampah di wilayah mereka. Pemerintah menjadi fasitator agar masyarakat dapat mengelola secara mandiri sampah rumah tangganya. Termasuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada kelompok wanita, untuk memproduksi kerajinan dari bahan barang bekas yang didaur ulang.

"Di dalam Program PKH ada kegiatan FDS/P2K2 yang dilakukan oleh pendamping Sosial PKH. Pada kesempatan tersebut informasi tentang program Zero Waste dapat tersampaikan dan mentransformasi modul Kesehatan dan Gizi oleh Pendamping kepada Penerima Bansos PKH" Ucapnya (Sabtu 16/11/2019).

Sebagaimana yang telah berproses untuk saat ini, lanjut Sulaiman. Salah satu contoh yang sudah diterapkan Pendamping PKH Kecamatan Aikmel. Hamidah dan rekan rekan sesama pendamping telah menginisiasi lebih awal membangun kerja sama dengan oragnisasi bank Sampah di Lombok Timur. Berikut akan tertular dan teraplikasi dengan baik oleh rekan rekan sesama Pendamping PKH.

"Inovasi Pendamping ini perlu didukung secara menyeluruh oleh Dinas Sosial Setempat dan perangkat Pemerintah setempat," Harapnya.

Mantan Kepala Islamic Centre ini menambahkan, Pendamping inspiratif seperti ini adalah satu potensi yang perlu didukung. Seperti dengan rencana Dinas Sosial Provinsi menggelar kegiatan HKSN dan HUT NTB, akan mengundang seluruh Pilar-Pilar Sosial. Dalam rangka membangu kesetiakawanan sosial dan peningkatan kapasitas SDM Pilar Pilar Sosial.

"Salah satunya memberikan motivasi dan penguatn kapasitas untuk mewujudkan SDM unggul dengan inovatif masing masing" tutupnya.

Tim Indikatorntb
×
Berita Terbaru Update