Notification

×

Iklan

Iklan

Resensi: Pentingnya Kebijakan Publik Dalam Tatanan Pemerintahan

Sabtu, 14 Desember 2019 | 10.58.00 WIB
Ilustrasi ( Foto: Finroll)
Buku ini menjelaskan mengenai kebijakan secara ebih mendalam dan secara keseluruhan demi kepentingan kehidupan berbangsa dan bernegara indonsia. Terutama bagi kalangan Mahasiswa, buku ini sangatah bermanfaat ataupun sangat penting guna menambah wawasan, pengetahuan dan kecintaan terhadap negara republik indonesia.

Buku kebijakan publik : evaluasi, revormasi, dan formulasi ini memberikan gambaran secara global tentang teori dan konsep yang di bangun dalam rangka mengembangkan dan mengatimalkan kebijakan publik; mulai dari formulasi, implemantasi, efaluasi dan reformasi dalam kebijakan publik. Mempunyai suatu kesatuan yang saling berkaitan satu sama lainya sebagai siklus yang berkelanjutan dan berkesinambungan, sehingga dapat berpengaruh antara siklus kebijakan tersebut.

Disisi lain, buku ini juga mengkaji tentang reformasi birokrasi menjadi satu kesatuan yang tidak dapat di pisahkan dalam proes manajeman pelayanan publik. Sebagai bagian tepenting dalam pencapaian tujuan pelayanan yang optimal, pelaksanaan reformasi birokrasi harus terus di kawal dan di laksanakan sesuai dengan grand design Reformasi birokrasi 2005 sampai 2025 untuk mencapai ujuan tatanan pemerintahan yang baik ( goog govermance ).

Kebijakan publik adalah keputusan-keputusan yang di lakukan oleh seseorang yang mempunya kewenangan dari pemerintahan, baik bersifat formal maupun informal. Sementara, Dye (1982) berpendapat bahwa policy is whateer governemenst choose to do or nor to do. Artinya bahwa apa yang dilakukan atau tidak dilakukan leh pemerintah adalah kebijakan publik. Dilakukan dengan membuat keputusan atau tidak melakukan dengan membuat keputusan atau tidak melakukan dengan tidak membuat keputusan adalah menjadi kebijakan publik.

Kebijakan publik pastinya diikuti oleh reformasi yang melekat dalam aspek-aspek kebijakan publik. Formulasi kebijakan, implementasi kebijakan maupun evaluasi kebijakan adalah tindakan kebijakan publik yang dilakukan berdasarkan kepentingan kepada publik: di samping itu, untuk membentuk sebuah pencapaian tujuan dari kebijakan tersebut agar tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

Namun pada kenyataanya yang terjadi, setiapkebijakan mengandung lebih dari satu tujuan kebijakan yang dikemukakan di atas, dngan kadar yang berkelainan. Dengan demikian, kebijakan publik selalu mengandung multi fungsi untuk menjadikan kebijakan itu adil dan seimbang dalam mendorong kemajuan kehidupan bersama sehingga dapat disimpulkan kebijakan publik adalah keputusan otoritas negara yang bertujuan mengatur kehidupan bersama (Nungroho, 2006).

Evaluasi kebijakan publik merupakan penilaian terhadap suatu persoalan yang umunya menunjukan baik dan buruknya persoalan tersebut. Dalam kaitannya dengan suatu program biasanya evaluasi dilakukan dalam rangka mengukur efek suatu program dalam penyampaian tujuan yang ditetapkan.

Evaluasi bahwasanya suatu proses untuk menilai seberapa jauh suatu kebijakan membuah hasil, yaitu dengan membandingkan antara hasil yang diperoleh dengan tujuan atau target kebijakan yang ditentukan.

Reformasi birokrasi bahwasanya perubahan terhadap sistem yang ada dalam birokrasi, dimulai dari sumber daya manusia, sarana prasarana, kebijakan, maupun sirkulasi dalam birokrasi. Perubahan itu mengarahkan pada perbaikan dan peningkatan dalam kualitas sumber daya manusia, yaitu kapasitas dan kapabilitasnya semakin meningkat.

Remormasi kebijakan publik yaitu suatu perubahan terhadap sistem atau tatanan pemerintahan yang berorientasi pada perubahan mendasar untuk menjadi lebih baik.
Reformasi bahwasanya bentuk perubahan terhadap bentuk kebijakan yang menyatu dalam formulasi kebijakan yang menyatu dalam formulasi kebijakan, implementasi kebijakan maupun evaluasi kebijakan. Merupakan bentuk perbaikan terhadap aspek prencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi dalm kebijakan publik yang mengarah pada perbaikan terhadap kebijakan yang akan datang.

Formulasi kebijakan bahwasanya bentuk perncanaan atau planning dari setiap kebijakan yang akan dilakukan. Gambaran dari program kerja yang menjadi patokan dan pedoman bagi pengambilan kebijakan.

Adapun dalam buku ini sangat menarik untuk dikaji oleh setiap mahasiswa, Dosen yang memerlukan rujukan ilmiah hal ini tidak terlepas dari penjabaran-penjabaran dalam kebijakan kita sendiri dapat melihatnya dangan kaca mata berpikir dari berbagai latar belakang selain itu pembahasan yang tersruktur dalam buku ini tentunya menunjukan cara berpikir ilmiah dan sistematis, sehingga diharapkan memudahkan bagi kalangan manapun yang menkaji buku Kebijakan publik dengan beragam pisau analisa.

Sulit saya mencari kelemahan dari buku ini, karena menurut pendapat saya buku ini telah sukses mengantarka seseorang untuk bisa memahami apa itu kebijakan publik, dari segi teori, proses. Namun hal yang seharusnya ada dalam buku ini adalah sejarah perkembangan kebijakan publik dan juga implementasi untuk negara indonesia dibuku ini menjadi alasan yang yang menjadi kekurangan dibuku ini.

Kesimpulannya bagaimanapun saya beranggapan bahwa dalam buku ini sudah bisa dijadikan bahan rujukan utama mengnai topik kebijakan publik, terdapat hal hal yang perhatikan juga seperti implementasi kebijakan publik di negara indonesia dan negara berkembang lainnya.

Penulis: Muhammad Sarjan
×
Berita Terbaru Update