Notification

×

Iklan

Iklan

Dituding Mengklaim Kerja Orang Lain, Begini Tanggapan BCC

Minggu, 06 Oktober 2019 | 20.39.00 WIB
Foto: Rangga Babuju (Memakai Topi) Penanggungjawab BCC
Indikatorntb.com - Dianggap mengklaim kerja kemanusiaan terkait penanganan warga Bima dan Dompu korban kerusuhan di Wamena, Babuju Care Centre (BCC) menganggap bahwa anggapan itu buntut dari kesalahpahaman warganet, Minggu (06/10/19).

"Walah-walah BCC dari Bima to yang membantu Evakuasi dan mendirikan Posko di Aula 751 Raider dan berdiri dari pagi buta untuk pegang poster Posko Bima smpai tengah malam di Lanud Papare, Saya kira KKBJ yang kerja, yang patungan Uang kemarin juga untuk kebutuhan Evakuasi warga Bima dri BCC juga? Hebat ya BCC mengklaim kerja Orang lain. Sampai-sampai para Pengurus KKBJ hrus meninggalkan kerjaannya hanya untuk mengevakuasi warga Bima Dompu. Kasian ya Ketua Pemuda dan Humas KKBJ harus berteriak sana sini untuk mncari bantuan, dan BCC ternyata kerjanya/pantau dri Makassar ya? Saya kira tidur bareng dengan Pengungsi di Aula Raider 751 Pak, #andatidaktahumalupak," Tulis akun Facebook @Embun Pagi di kolom komentar.

Selain dianggap mengklaim kerja kemanusiaan orang lain, BCC juga dinilai tidak terlibat langsung dilapangan terkait penanganan dan pemulangan warga Bima dan Dompu yang menjadi korban kerusuhan di Wamena.

"Baru saya tau ada tim dari BBC yang datang mendata dan mngevakuasi orang Bima dan Dompu korban bencana Wamena di Jayapura. Pengetahuan saya sebagai ketua pemuda Bima dan Dompu Propinsi di Jayapura tidak ada tim yang di utus BBC yang ada hanya pemuda/i Bima dan Dompu yang terpanggil nuraninya untuk membantu sesama suku," Tulis akun Facebook @Rhachul Mherrah pada kolom komentar menanggapi Postingan akun Facebook @Rangga Babuju yang memposting informasi seputar upaya BCC dalam membantu warga Bima dan Dompu korban kerusuhan di Wamena.

Menanggapi hal itu, BCC melalui Julhaidi atau yang akrab disapa Rangga Babuju memberikan klarifikasi, bahwa tidak sedikit yang salah paham terhadap upaya yang dilakukan oleh BBC dalam membantu para pengungsi asal Bima dan Dompu.

"Ada kesalahpahaman mereka dalam memahami konten informasi yang kami sampaikan," Katanya kepada media ini melalui WhatsApp.

Lebih lanjut, Rangga Babuju menjelaskan bahwa BBC tidak punya tim khusus yang dikirim ke Lokasi pengungsian untuk mendirikan posko, meberikan bantuan dan lain-lain seperti apa yang dilakukan oleh banyak pihak, namun ada dua anggota BBC yang secara kebetulan ada di Jayapura yang dikirim ke tempat pengungsian untuk memonitoring. Memang tidak terlibat dalam hal mendirikan posko atau memberikan bantuan secara langsung.

"Dianggapnya BCC mengirim tim belasan orang ke Wamena, membantu mengevakusi, membuat dapur umum dan lain sebagainya," Terangnya.

BCC hanya melakukan monitoring berupa pendataan dan pengawalan serta membangun komunikasi dengan pihak-pihak terkait, seperti pemerintah dan aparat agar dalam proses penanganan dan pemulangan warga Bima dan Dompu berjalan dengan baik. BCC secara intens memastikan agar warga Bima dan Dompu mendapatkan penanganan yang layak dan mendapatkan hak-haknya secara dengan baik.

"BCC tidak pernah mengklaim kerja kemanusiaan orang lain, Ada dua anggota BCC yang melakukan pemantauan dan monitoring apakah pelaksanaan evakuasi dan pelayanan terhadap korban terpenuhi secara kemanusiaan, jadi memang kita monitoring," Tambahnya.

Selain memeberikan klarifikasi dan menjelaskan tentang kegiatan monitoring yang dilakukan oleh BCC, Rangga Babuju juga menjelaskan bahwa BCC sedang melakukan komunikasi dan koordinasi dengan banyak pihak agar proses evakuasi warga Bima dan Dompu dapat berjalan dengan baik, Bahkan BCC juga akan membuat surat terbuka kepada Pemerintah Daerah Bima.

"Kami juga membuat surat terbuka kepada Bupati Bima agar warga Bima harus segera dipulangkan. Di Makssar pun kemarin, saya bersama teman-teman Bima di Massar memberikan pelayanan kepada para pengungsi yang melakukan translit disana," Pungkasnya.

"Hal-hal seperti itulah yang ingin kita dorong, ditengah keterbatasan anggaran dan lain sebagainya," Lannutnya.

BCC pun sangat mengapresiasi kerja-kerja kemanusiaan yang dilakukan oleh banyak pihak. BCC berharap agar pihak-pihak terkait, baik itu dari pemerintah, aparat, mahasiswa maupun dari elemen organisasi-organisasi kemanusiaan saling bekerjasama dan bahu membahu dalam upaya membantu warga Bima dan Dompu yang akan dievakuasi.

Furkan/Indikatorntb
×
Berita Terbaru Update