Notification

×

Iklan

Iklan

Wahai Ibu Selamatkanlah Masa Depan Anakmu

Senin, 08 Juli 2019 | 11.40.00 WIB
Foto: Penulis
Sikap pilih kasih ini akan melahirkan tekanan batin yang mendatangkan dampak negatif bagi kehidupan anak yang merasa kurang diperhatikan. Cinta terhadap anak adalah santapan jiwa yang dapat memberi, pengaruh bagi pertumbuhan dan perkembangan kepribadiannya.

Jasmani membutuhkan santapan makan, sedangkan rohani memerlukan santapan cinta kasih dan Sayang. Anak-anak yang sangat memerlukan belaian dan kehalusan jiwa sejak awal mula kehidupannya sehingga bertambah dewasa dan dapat berinteraksi dengan masyarakat yang lainnya.

Menciptakan hubungan yang harmonis, penuh kasih sayang dan adanya rasa saling hormat menghormati. Mereka berani mengarungi realita hidup dengan penuh keyakinan dan keberanian. Harapan, semoga kita dapat menciptakan kasih sayang yang sempurna dalam hubungan keluarga

Diantara kewajiban seorang ibu yang harus dilaksanakan terhadap anak- anaknya ialah menanamkan perasaan cinta kasih dalam lubuk hati mereka yang paling dalam. Mengusir jauh-jauh sifat dan sikap benci dari jiwa mereka.

Anak memiliki kepribadian sempurna ialah yang mencintai keluarga dan saudaranya. Kasih sayang terhadap orang- orang lemah. Menjauhi orang-orang yang berakhlak rendah bagaikan binatang. Perasaan cinta kasih dapat ditananamkan kepada anak dengan jalan melatih menjauhi permusuhan dan kegemaran menyakiti atau merugikan orang lain, senang perdamaian dan menghormati sesama.

Apabila sejak kecil seorang anak telah dibiasakan melakukan hal-hal yang baik, maka ia akan menjalin hubungan yang baik dengan teman-teman. Memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi, sehingga ia dicintai dan dikagumi masyarakat. Ia lebih cenderung mengikuti kebaikan-kebaikan yang dilakukan masyarakat, dan kehendak pun akan diikuti pula oleh masyarakat.

Cinta, dan kasih sayang tidak akan tertanam dan menjadi kenyataan dalam kehidupan anak kalau hanya mengandalkan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh seorang ibu. Ia hanya dibekali dengan keterangan-keterangan dan nasehat. Namun apabila seorang ibu menanamkan sikap keibuan yang lembut dan kebiasaan-kebiasaan yang baik sejak kecil, maka akan menjadi kenyataan dalam kehidupan anak.

Sebagai sosok manusia yang berdiiri sendiri tanpa adanya ketergantungan dari yang lain mempunyai kecenderungan dan kemampuan khusus yang tidak dimiliki oleh anggota keluarga yang lainnya. Oleh karena itu mereka sebagi orang tua memperlakukan seorang anak dengan adil.

Jangan kita sebagai orang tua pilih kasih terhadap anak kita sendiri. Karena dengan cara seperti itu akan memberikan efek yang negatif untuk anak dan pengaruh jelek terhadap anggota keluarga nya sendiri. Sehingga keharmonisan mereka dan kerukunan kekeluargaan mereka akan hancur hanya karena adanya sikap yang tidak adil dari orang tua terhadap anaknya.

Cinta dan kasih sayang seorang ibu yang dicurahkan kepada anak-anak merupakan pintu menuju keharmonisan hubungan antara keluarga.

Mencapai kebahagiaan hidup dan ketentraman lahir batin. Sejuk dan nyaman berada dalam lingkungan keluarga. Kesejukan itu tidak terkena polusi keirian dan kebencian. Dari sumber inilah akan lahir anak-anak yang sholih, berguna bagi agama nusa dan bangsa, tidaklah selamnya harus sama, tetapi bijaksana dalam memberikan kasih sayang dan memenuhi kebutuhan, sesuai tingkat keperluan mereka.

Penulis: Dhyan.
×
Berita Terbaru Update