Notification

×

Iklan

Iklan

Siapa Pantas Nahkodai KNPI LOBAR

Minggu, 28 Juli 2019 | 10.42.00 WIB
Foto: Penulis
Geliat Kontestasi Musyawarah Daerah (MUSDA) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Lombok Barat telah memasuki babak yang cukup menggetarkan. Ajang pencarian Nahkoda tertinggi organisasi kepemudaan terbesar itu seakan telah menjadi isu paling hangat dan terpopuler dikalangan Pemuda Lombok barat. Hampir disetiap ruang dan waktu, perbincangan tentang Siapa yang akan meneruskan estapet kepemimpinan KNPI LOBAR itu menjadi hiasan yang tak terlupakan. Ruang-ruang media sosialpun menjadi tak pernah sepi dengan berbagai konten dan isu terkait musda KNPI.

Hiruk pikuk perdebatan tentang siapa pantas untuk KNPI LOBAR ini tentu bisa menjadi salah satu barometer akan kepedulian Pemuda Lombok barat terhadap Tubuh KNPI sebagai organisasi yang dimandatkan untuk menaungi semua OKP, sehingga momentum Musda ini harus bisa dimaksimalkan untuk mencari sosok yang dapat mengakomodir semua kalangan tanpa tebang pilih.

Dari sekian nama yang saat ini telah bermunculan, tentu para pemuda Lombok barat khususnya yang memiliki hak pilih harus bisa selektiv didalam menentukan pilihannya agar nasib KNPI kedepannya bisa lebih baik dan mampu memberikan harapan besar bagi kemajuan seluruh OKP Se Lombok barat.

Ada beberapa hal yang kiranya dapat menjadi Indikator untuk menentukan siapa yang pantas untuk menagkodai KNPI LOBAR, diantaranya adalah ia harus Idealis, Visioner, Egaliter, dan Bekerja Keras.
Pemuda Lombok barat hari ini membutuhkan sosok pemimpin yang memiliki Idealisme tinggi, yang teguh pendirian dan tidak mudah diintervensi oleh kepentingan golongan tertentu, baik itu Ormas maupun partai politik. Sehingga ketua KNPI LOBAR yang akan lahir adalah sosok yang memiliki kemandirian dan tidak diperbudak oleh kepentingan pribadi dan golongan.

Selain itu sebagai organisasi yang menjadi wadah berkumpulnya para aset terbaik bangsa, Ketua KNPI ini haruslah Visioner, yaitu memiliki gagasan yang luas untuk dapat memajukan Pemuda Lobar kedepannya, sehingga tentu basis keilmuan dan pengalaman yang dimiliki haruslah berkualitas agar tubuh KNPI dapat dikelola dengan baik dan mampu menjadi sumber Inspirasi bagi semua OKP.
Tak hanya itu, Ketua KNPI yang sangat kita butuhkan adalah sosok yang egaliter, yang mampu menyentuh semua kalangan pemuda, baik itu yang mayoritas dan tentunya juga yang minoritas, KNPI harus mampu dihadirkan sebagai milik bersama semua pemuda, dan memberikan ruang yang sama bagi semua golongan yang ingin berbuat untuk kemajuan bersama tanpa ada tebang pilih.

Dan yang paling terpenting adalah Ketua KNPI LOBAR haruslah sosok mau bekerja keras dalam membangun pemuda. Hal ini sangat dibutuhkan karena problematika yang dihadapi oleh pemuda saat ini sangatlah banyak, mulai dari disintegrasi sosial, degradasi moral, hingga persoalan kemanusiaan yang berkaitan dengan kesejahteraan pemuda yang hingga saat ini belum mendapat ruang perhatian lebih dari pemerintah, sehingga setidaknya kehadiran Ketua KNPI yang baru nantinya akan lebih mampu untuk menyuarakan persatuan, memperbaiki moral pemuda hingga mengadvokasi segala kepentingan Pemuda khususnya OKP untuk bisa mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah. terlebih lagi saat ini dana yang digelontorkan oleh pemerintah kepada Pemuda melalui KNPI masih sangat minim, sehingga hal itu akan menjadi tantang bagi ketua KNPI terpilih nantinya untuk berpikir dan bekerja keras untuk pemuda Lombok barat.

Dan akhirnya, sebagai bagian dari pemuda Lombok barat, saya berharap agar MUSDA KNPI yang sebentar lagi ini, bisa menjadi ajang yang dapat melahirkan pemimpin terbaik dan menjadi wadah pembelajaran dan pengabdian bagi semua.

Selamat Menanti saat tibanya MUSDA KNPI LOBAR, mari jaga persatuan. Semoga segala langkah dan perjuangan kita dicatat sebagai amal ibadah disisi Allah Tuhan yang maha Esa.

Penulis : Mukhsin Bin Husni Thamrin, Ketua umum Front Mahasiswa Lombok Barat (FM LOBAR).
×
Berita Terbaru Update