Notification

×

Iklan

Iklan

Sampah Plastik Berserakan 2 Ton Perhari, Pemuda Gagas Gerakan Anti Plastik

Minggu, 23 Juni 2019 | 18.18.00 WIB
Foto: Ratusan Pemuda mengikuti Longmars Gerakan Anti Plastik.
Indikatorntb.com - Ratusan Pemuda di Kabupaten Kepulauan Sula yang tergabung dalam Gerakan Anti Plastik (GARAP) Sula 011 menggelar kampanye stop penggunaan sampah plastik sekali pakai di Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, Minggu (23/06/19).

Peserta yang tergabung dalam gerakan anti plastik tersebut lebih kurang 500 orang.

Selain Gerakan yang terfokus pada Kampanye Stop penggunaan plastik sekali pakai, kelompok pemerhati lingkungan hidup ini juga melaksanakan serangkain kegiatan lain yakni, longmras anti plastik, dialog terbuka, lapak baca, dan panggung seni dengan tema “Plastik Sekali Pakai, Ancaman Bagi Bumi, Bahaya Untuk Manusia”.

"Kami sadar bahwa plastik adalah problem serius di daerah ini," Kta Ramli Umasugi selaku koordinator kegiatan.

Berdasarkan data sampah yang diperoleh dari dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Sula. Sampah plastik mendominasi hampir 50% yakni, sebanyak 2 ton dari total 4 ton sampah perhari.

"Hal ini menunjukan bahwa ruang hidup di kabupaten Sula telah berada pada zona kritis bahaya plastik, dan ini yang menjadi semangat awal dari gerakan kami," Terang Ramli.

Kurangnya perhatian pemerintah terhadap penggunaan plastik sekali pakai dapat dilihat dari berbagai agenda pemerintahan yang masih menggunakan minuman berkemasan plastik sekali pakai atau bungkusan makanan dari bahan plastik.

"Gerakan ini diharapkan dapat menjadi stimulus untuk pemerintah lebih peduli terhadap peredaran dan pemakaian plastik sekali pakai," tutup Ramli.

Reporter: Furkan
Editor: Fuad
×
Berita Terbaru Update