Notification

×

Iklan

Iklan

Jika IDP Punya Strategi Dorongan Besar

Kamis, 16 Januari 2020 | 16.44.00 WIB
Foto: Penulis
IDP membangun Bima tampa Grand strategi yang jelas, tidak fokus dan tidak mampu memetakan mana sektor primer yang menguasai hajat hidup orang banyak dan mana sektor sekunder yang dijadikan program pembangunan berkelanjutan.

Hampir 75% masyarakat bima hidup disektor pertanian, dan sektor ini yang memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Kotribusi sektor pertanian mencapai 54,71%.

Sedangkan kontribusi sektor sekunder industri hanya 6,93% dan sektor Jasa 13.22%. Sektor jasa yang harus di dorong dan di prioritaskan karena Pariwisata di Bima sangat mendukung dan memiliki potensi yang tinggi untuk meleverage PDRB. Khususnya ada 5 masalah disini yaitu: Promosi, pelayanan, transportasi perhotelan dan infrastruktur. Lima kendala ini harus diperbaiki dari hulu ke hilirnya supaya daya tarik wisatawan meningkat untuk mengunjungi Bima.

Catatan penting selama ini bima hanya memiliki postur ekonomi sangat kecil denga n PAD hanya 200 Milyar sementara kebutuhan pembangunan semua sektor bisa mencapai 2- 3 Triliun pertahun. Untuk menaikan PAD perlu merubah pola, pendekatan, kebijakan dan strategi pembangunan berdasarkan potensi unggulan yanb memiliki core bisnis. Selama ini tidak ada lompatan sektoral yang berdampak pada kenaikan Aktivitas ekonomi dan bisnis, hanya dicirikan oleh sejumlah sektor yang sangat kecil sehingga setiap peningkatan produktivitas satu sektor tidak berdampak pada ekonomi secara keseluruhan ( Multyplayer effect).

IDP perlu melakukan pendekatan pembangunan yang pro masyarakat petani, karena sektor primer ini menjadi tulang punggung ekonomi masyarakat. Apa yang diperbaiki, Regulasi pertanian daerah, harga, kebijakan, pasar, obat- obatan, pupuk, moderanisasi peralatan pertanian, bibit, dan infrastruktur bendungan dan akses permodalan dan bisa memanfaatkan Bank NTB untuk permodalan petani.

Untuk optimalisasi sektor pertanian diperlukan usaha maksimal dengan strategi pembangunan yang tepat untuk mengatasi saling-keterkaitan diantara proses produksi, Hasil produksi dan sisi pasar, perlu adanya sebuah “dorongan besar” (big push)

Sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi di bima memiliki Bupati yang mampu membuat terobosan untuk melakukan big leap forward untuk mengubah pola ekonomi bima yang berjalan belakangan ini, sehingga pertumbuhan ekonomi yang optimal dapat dicapai.

Jika perekonomian Bima tumbuh signifikan maka akan menaikan PAD, mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga sektor - sektor lain sosial, pendidikan, kesehatan dapat dibangun dengan baik dan bila masyarakat sejahtera maka konflik sosial, patologi sosial dan kemiskinan akan turun. ITulah Esensi kita perlu hadirnya Bupati yang memiliki Kapabilitas, managerial dengan pola pikir ( Mindset) entrepreneurship leader....semoga IDP berubah pikiran.

Penulis: Ikhwan Sirajuddin
×
Berita Terbaru Update