Notification

×

Iklan

Iklan

Efektifitas Pendekatan Saintifik Yang Berorientasi Pada Perkembangan Era 4.0

Selasa, 25 Juni 2019 | 08.39.00 WIB
Foto: Penulis
“Banyaknya penggunaan pendekatan pada pembelajaran yang sudah tertinggal jauh dengan perkembangan masa ini dan kebutuhan pada era 4.0”

Tercapainya suatu tujuan pembelajaran didukung dengan adanya suatu strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru dan dapat diterima dengan baik oleh siswa. Strategi pembelajaran yang dimaksudkan tersebut berupa cara-cara yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi maupun menerapkan pendekatan dan metode yang sudah dirancang pada perencanaan pembelajaran. Pada hakikatnya komponen-komponen yang terdapat pada strategi pembelajaran memiliki hubungan yang digambarkan sebagai satu kesatuan yang bertitik tolak dari pada penentuan tujuan pembelajaran, pemilihan strategi dan perumusan tujuan pembelajaran yang kemudian diimplementasikan kedalam metode dan pendekatan yang sudah dirancang yang relevan.

Pendekatan saintifik merupakan salah satu bagian dari diselenggarakannya kurikulum 2013 terpadu artinya, suatu konsep yang direncanakan dengan adanya proses pembelajaran yang melibatkan adanya beberapa dari disiplin ilmu yang diharapkan memberikan pengalaman yang bermakna pada peserta didik. Dalam pendekatan saintifik dirancang proses pembelajaran yang mengutamakan keaktifan siswa mengkontruksikan konsep dengan melalui tahapan pertama yakni mengamati, merumuskan masalah, mengajukan permaslahan, mengumpulkan data dan menganalisisnya dengan menggunakan teknik yang kemudian menarik kesimpulan terkait data yang sudah ditemukan tersebut. Pada pendekatan saintifik lebih mengutamakan proses kognitif peserta didik dalam merangsang stimulus yang diberikan oleh pendidik untuk menjadi satu bahan pengetahuan baru.

Penggunaan pendekatan sasintifik pada proses pembelajran sangat masih jarang digunakan , dimana para pendidik masi berpacu pada pendekatan-pendekatan terdahulu, pada pendekatan yang terdahulu, yang digunakan oleh pendidik cenderung berpacu pada keaktifan guru dalam memberikan dan menjelaskan semua materi, dengan adanya pelaksanaan pembelajran tersebut mengakibatkan adanya ketidak efisienan penggunaan waktu maupun pelaksaan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dengan kata lain pendekatan yang digunakan masih bersifat tradisional.

Penggunaan pendekatan dalam pembelajaran merupakan salah cara yang digunakan seorng pendidik menyesuaikan pesertadidiknya guna mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan capaian yang akan dicapai. Dengan adanya penggunaan pendekatam yang kurang sesusai dengan kurikulum 2013 maunpun tuntutan perkembangan yang ada pada era 4.0, dikhawawatirkan akan mengakibatkan ketidak mandirian pesertadidik karena.

Penggunaan pendekatan saintifik peserta dalam proses pembelajaran ditujukan sebagai perumpamaan siswa yang bertindak aktif layaknya sebagai ilmuan,yang mengkrontuksikan penenmua-penemuan baru yang didapatkan pada saat proses pemebajaran, sedangkan guru memberikan arahan-arahan dan meluruskan apabila, ada kesalahpahaman peserta didik terkait dengan pemahaman materi pembelajaran.

Penggunaan pendekatan saitifik pada proses pembelajaran sendiri dirasakan memiliki manfaat dapat menghemat efisiensi waktu maupun semakin melatih peserta didik untuk lebih mandiri daalam proses pembelajaran, dengan adanya pendekatan saitifik yang terdapat kurikulum 2013 ini memberikan manfaat secara lagsung tanpa kita sadari, bahwasanya endekatan saintifik pada proses pembelajaran membangun karakter persertadidik untuk lebih mandiri dan lebih meningkatkan rasa percaya diri dalam diri peserta didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran dan selain itu, pada pendekatan saintifik.

Penulis: Ika NurDayana
×
Berita Terbaru Update