Notification

×

Iklan

Iklan

Dorong Ketahanan Pangan, Ini yang dilakukan Pemuda Kreatif Bima

Rabu, 23 Januari 2019 | 20.56.00 WIB
Koordinator Komunitas Babuju Mandiri, Julhaidin/Rangga Babuju, saat melakukan pelepasan perdana induk ikan lele di Dam Roka Kecamatan Belo, Kabupaten Bima (Foto : Babuju Mandiri/indikatorntb.com)
Editor : Subhan Al-Karim

Indikatorntb.com – Komunitas Babuju Mandiri yang dikenal dengan kreatifitasnya membangun usaha di Bima Nusa Tenggara Barat (NTB), menyadari pentingnya ketahanan pangan masyarakat. Apalagi, ketidak tentuan kondisi tani masyarakat Bima tahun 2019 yang sedang menghadapi anomali cuaca.

Kondisi ini, disikapi Komunitas Babuju dengan melakukan pelepasan 4 indukan Lele tersertifikasi jenis Sangkuriang yang sudah siap bertelur di 4 titik, diwilayah Kabupaten Bima, Selasa (22/01) sore kemarin.

Empat titik itu, di Dam Roka Kecamatan Belo, Cekdam Tolowata di Desa Rite, Cekdam Campa Madapangga dan Dam Rontu Kota Bima. Pelepasan Perdana dilakukan di Dam Roka oleh Koordinator Komunitas Babuju, Julhaidin yang didampingi Kepala Desa Roka, Ihsan S.Pd dan Direktur BUMDes Roka, Superwadin S.Pd. Turut disaksikan juga oleh pemuda dan remaja Desa Roka.

Konsultan tekhnis budidaya ikan air tawar Babuju Mandiri, Kamil Diphia Utomo menjelaskan, "Jenis ini merupakan jenis yang dapat beradaptasi dengan cepat dialam. Sekali bertelur dapat menghasilkan 10.000 - 20.000 bibit lele per 3 bulan".

Koordinator Komunitas Babuju, Julhaidin menjelaskan, pelepasan indukan lele ini sebagai upaya dalam menjaga ketahanan pangan masyarakat Bima di 4 lokasi.

"Tahun 2019 ini adalah tahun anomali cuaca. Ketidakjelasan musim tanam dan musim panen, akibatnya ada kemungkinan terjadinya gagal panen sebagian komoditi pertanian warga. Akibat dari itu dapat menurunkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Tani," jelasnya.

Lebih lanjut, lelaki yang lebih akrab dengan nama Rangga Babuju ini mencoba mensiasati dengan pelepasan Indukan lele ini. Setidaknya, kata dia, ada ikan air tawar yang bisa dipancing disela-sela kondisi pertanian yang kurang baik nanti.

"Dalam setahun lebih kurang 100.000 lele bisa dipanen dengan cara dipancing di Dam Roka ini," Ujar Jurhaidin.

Dalam keterangan tertulis yang diterima indikatorntb.com, Rabu, (23/01) direncanakan Komunitas Babuju Mandiri, pada minggu depan, 3 pasang indukan yang siap bertelur akan dilepas juga di Dam Campa Madapangga, Dam Tolowata di Ambalawi dan Dam Rontu di Kota Bima.

“Semoga apa yang kami lakukan bermanfaat bagi orang banyak," Tutur, lelaki yang khas dengan rambut gondrongnya itu.
×
Berita Terbaru Update