Notification

×

Iklan

Iklan

Dam Roka Akan Menjadi Spot Pemancingan yang Eksotis, Kok Bisa?

Rabu, 23 Januari 2019 | 22.33.00 WIB
Foto bersama Koordinator Komunitas Babuju Mandiri, Julhaidin/Rangga Babuju (baju putih) dengan Kepala Desa Roka, Ihsan, S.Pd beserta sejumlah pemuda dan remaja di usai melepas liarkan indukan lele di Dam Roka (Foto : Babuju Mandiri/indikatorntb.com)
Editor : Subhan Al-Karim

Indikatorntb.com - Kedepan Dam Roka Kecamatan Belo Kabupaten Bima, bisa menjadi spot pemancingan yang eksotis dengan jumlah ikan yang tidak sedikit. Bagaimana tidak, kini ditambah dengan Lele Sangkuriang dengan populasi lebih kurang 100.000 ekor pertahun.

Lele itu, sengaja dilepas Komunitas Babuju untuk medorong ketahanan pangan masyarakat Kabupaten Bima yang sedang menghadapi anomali cuaca di tahun 2019 ini, dan ketidak tentuan kondisi taninya, Selasa, (22.01) sore kemarin.

Kepala Desa Roka, Ihsan, S.Pd secara pribadi dan mewakili masyarakat Desa sangat antusias dan berterima kasih atas upaya yang dilakukan oleh Komunitas Babuju tersebut. Setidaknya ada banyak jenis ikan yang bisa dipanen di Dam Roka kedepan.

"Bagi kami ini sudah luar biasa, setidaknya warga saya dan sekitarnya tidak perlu pusing cari dan beli ikan segar. Tinggal datang bawa pancing dan pulang bawa lele hasil pancingan," Tuturnya.

Sementara, Direktur BUMDes Desa Roka, Superwandi, punya banyak rencana untuk pengembangannya kedepan.

"Minimal BUMDes Roka kedepannya bisa memprogramkan kegiatan lomba memancing Lele dan usaha krupuk lele dengan cara membeli dari warga yang memancing disini. Jika warga butuh uang, tinggal datang bawa pancing, hasilnya jual ke BUMDes," Kata Superwandi.

Diketahui, luas genangan Dam Roka pada musim hujan lebih kurang 32 Ha dan pada musim kemarau 25 Ha. Di Dam ini hidup 6 ekosistim ikan air tawar seperti Gabus, Nila, Kepiting sungai, Mujair, Gurami dan Belut.

Koordinator Komunitas Babuju Mandiri, Julhaidin atau yang akrab disapa Rangga Babuju pun menyampaikan, dalam hal ini, tinggal bagaimana BUMDes mengelolanya sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berwisata di Dam Roka ini. Sebab menurutnya, potensi Dam Roka sebagai spot pemancingan ikan air tawar, cukup bagus dan menarik.

“Tinggal mau tidak, BUMDes Roka melalui Pemerintah Desa, mengelolanya dengan baik dan menyiapkan Sarana sebagai daya tarik para pemancing di wilayah Bima ini datang dan sekaligus berwisata keluarga," Tantang Rangga menutup kegiatan pelepasan indukan Lele perdana di Dam Roka Kecamatam Belo Kabupaten Bima.
×
Berita Terbaru Update