Notification

×

Iklan

Iklan

Ribuan Warga Ramaikan Festival Rimpu di Bima

Sabtu, 28 April 2018 | 19.23.00 WIB
Foto : Suasana pelaksaan festival rimpu dan katente ketika warga memadati sebuah gang di Desa Melayu, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, NTB.
Indiktorntb.com - Untuk melestarikan budaya Bima, Karang Taruna Desa Melayu menyelenggarakan Pawai Budaya Rimpu dan Katente. Camat Lambu, Abdul Rahman S.Sos melepas ribuan masyarakat yang memeriahkan pawai budaya yang begitu meriah ini. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Desa Melayu ini juga mengundang perhatian ribuan masyarakat Bima, Sabtu (28/4/2018).

Kegiatan ini juga di hadiri oleh asisten 3 bupati Bima, Camat Lambu, anggota DPRD kabupaten Bima, kepala UPT Dikpora Kec Lambu, kepala KUA,TNI,Polri, PNS, tokoh masyarakat dan masyarakat Kecamatan Lambu-Bima.

"Kegiatan Pawai Budaya "Rimpu dan katente" ini sebagai ajang silaturahmi, sekaligus jawaban dari kita semua yang peduli akan budaya Rimpu dan Katente. Kami melihat sekian hari semakin tenggelam dan tergerus oleh perubahan zaman baik itu perubahan globalisasi dan modenisasi," ujar Rifandi S.pd Ketua Panitia Pawai Budaya Kepada Indikatorntb news disela-sela kegiatan.

Lanjut dia, rimpu dan ketente merupakan budaya khas Bima (Suku Mbojo), ini menjadi tanggung jawab kita sebagai generasi muda dana mbari untuk melestarikannya.

"Buktinya hari ini, masyarakat Lambu tumpah ruah di sepanjang jalan hanya untuk menyaksikan budaya asli tanahnya sendiri," ungkapnya.

Pantaun langsung indikator ntb news kegiatan ini juga dibumbui dengan hadrah, Mpa'a gantau mpa'a pedang, kareku kandei, drama, akuistik, musikalisasi puisi, dan doorprize.

"Kami berharap semoga pemerintah selalu peduli akan kesenian dan budaya Bima. Ini milik kita bersama, agar budaya ini tidak diklaim oleh bangsa lain atau ras yang lain, akan kekayaan budaya Dana Mbojo. Maju terus budaya Indonesia, bangga punya budaya, dan bangga jadi dou Mbojo," tutupnya dengan penuh harap.

Reporter : Safran
Editor      : Roman Menujumu
×
Berita Terbaru Update