Notification

×

Iklan

Iklan

Mitos So Bombu, Tempat Hunian Warga Wera yang Hilang

Senin, 09 April 2018 | 13.09.00 WIB
Ilustrasi (foto : Stories and more)
Indikatorntb.com - Indonesia merupakan negara yang menyimpan sejarah melegenda namun pembuktiannya atau bukti sejarahnya banyak yang hilang, seperti kerajaan Sriwijaya yang di juluki kerajaan Maritim yang menguasai belahan laut Samudera Pasifik, namun bangunan sejarah atau cagar budaya yang membuktikan adanya kerajaan tersebut hilang di telan waktu.

Baca juga : Legenda Pulau Ular : Pulau Keramat Yang dikutuk Oleh Sang Raja

Istana kerajaan tersebut hilang seakan tak pernah ada, yang membuktikan adanya kerajaan tersebut, hanya di lihat dari prasasti-prasasti yang bertuliskan di batu-batu namun tidak punya bukti kekokohan bangunan sejarah seperti halnya bangunan sejarah pemerintahan Stalin di Moskowa Rusia, yang sampai sekarang tetap utuh bahkan keasriannya tetap di jaga.

Namun itulah yang menjadikan Indonesia itu unik, Indonesia memiliki sejarah, mitos dan bahkan memiliki kerajaan atau daerah yang tidak bisa di jangkau oleh panca indera kita. seperti kerajaan pajajaran yang di pimpin oleh raja Siliwangi putra Prabu Dewa Niskala putra Mahaprabu Niskala Wastu Kancana lahir 1401 M di Kawali Ciamis. kerajaan ini di yakini hilang karena di selimuti oleh ajian ghoib raja siliwangi atau yang lebih di kenal dengan nama sri baduga maharaja. Dan ada juga dari versi lain yang mengatakan kalau kerajaan siliwangi di hancurkan oleh putra nya sendiri yang bernama raden Kian Santang.

Dualisme cara pandang yang berbeda namun tetap pada nilai yang sama yaitu kerajaan Pajajaran Pasundaan hilang di telan waktu.

Daerah Bima juga memiliki kisah atau legenda yang masih di percaya keberadaannya seperti Negara Wantira yang berada di Sulawesi tengah yang terletak di antara kota Palu dan kota Poso, meskipun negara atau daerah tersebut tidak bisa di lihat dengan kasat mata.

Sebagaimana yang di ungkapkan oleh tokoh agama bapak Bismin ketika penulis melakukan dialog bersama beliau, bahwa di daerah Wera bagian So Bombu, disana adalah daerah hunian masyarakat Wera asli pada jamam kerajaan waktu itu. Namun seiring perkembangan jaman, dan pada saat itu terjadi penculikan oleh tirani kerajaan Gowa yang mengharuskan wanita asli wera untuk di jadikan sebagai calon istri para prajurit kerajaan Gowa. Maka seiring berjalannya perputaran waktu, wilayah hunian pertama masyarakat tersebut akhirnya hilang di selimuti oleh ajian ghoib sehingga membuat daerah itu hilang dan bekas pemukiman tersebut hilang di telan bumi.

Sampai sekarang tak ada satu sejarah pun yang menulis tersebut karena cerita dan sejarah tersebut di anggap sebagai mitos sejarah, namun mari kita merujuk kepada daerah lain seperti yang penulis katakan di atas bahwa selalu ada dunia mistis di setiap sejarah negara Indonesia.

Penulis : Ginanjar KS.
×
Berita Terbaru Update