Notification

×

Iklan

Iklan

Pemerintah NTB Tak Mampu Memanfaatkan Potensi SDA dan Menciptakan Lapangan Kerja?

Senin, 18 Maret 2019 | 18.53.00 WIB
Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahahsiswa Muhammadiyah (IMM) NTB yang melakukan aksi demontrasi di depan kantor DPRD Provinsi NTB.
Reporter : Sarif Hidayat
Editor      : Subhan Al Karim

Indikatorntb.com - Puluhan mahasiswa Nusa Tenggara Barat (NTB) sampaikan bahwa, pemerintah Provinsi NTB tidak mampu memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan menciptakan lapangan kerja.

Sebab, menurut kajian DPD IMM NTB, wilayah NTB cukup strategis dalam menopang perekonomian negara dan kesejahteraan, dengan potensi agraris yang melimpah, aspek pariwisata yang banyak dan sumberdaya alam yang cukup besar. Bahkan wilayah pertanian, nelayan cukup mumpuni untuk membangun perekonomian masyarakat NTB.

“Potensi yang dimiliki oleh daerah NTB sekarang ini masih menyisakan angka kemiskinan,” ujar Ketua IMM NTB, Miftahul Khair di Mataram, Senin (18/03/19) saat menggelar aksi demontrasi di depan kantor DPRD Provinsi NTB.

Disampaikan Miftahul, angka kemiskinan telah dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB, sebanyak 735,62 ribu orang atau setara dengan 14,63 persen. Sedangkan pengangguran cukup tinggi yaitu 3,38 persen yang penyumbang terbesarnya adalah lulusan sekolah tinggi.

“Lapangan kerja masih minim, dalam hal ini, pemerintah NTB tidak mampu memanfaatkan potensi sumberdaya alam dan menciptakan lapangan kerja,” tutur Miftahul Khair.

Ia menegaskan, pemerintah harus segera membuka lapangan pekerjaaan untuk para pemuda dan sarjana di NTB.

“Terbukti, sampai saat ini pengangguran di NTB mencapai 83.210 orang. Bukankah Gubernur Nusa Tenggara Barat memiliki cita-cita untuk mewujudkan NTB gemilang?,” tegasnya lagi.
Terlihat Gubernur, Zulkieflimansyah hadir ditengah-tengah masa aksi
Dengan itu, DPD IMM NTB dalam aksi evaluasi menjelang satu tahun kinerja Gubernur NTB ini, menuntut dan meminta beberapa hal kepada pemerintah Provinsi NTB, yaitu : 
  1. Menetapkan harga jagung dan bawang yang sesuai standar nasional.
  2. Meminta kepada Gubernur untuk menyusun peraturan daerah (Perda) tentang standarisasi harga jagung, dan bawang.
  3. Meminta kepada Gubernur untuk segera menciptakan dan membuka lapangan kerja  untuk masyarakat NTB.
  4. Meminta untuk segera membangun dan menyelasaikan infrastruktur, khusunya jalan-jalan Provinsi di Kota dan Kabupaten se-Nusa Tenggara Barat.
  5. Meminta Gubernur perjelas saham Newnont di Sumbawa atau PT AMNT.
×
Berita Terbaru Update