Notification

×

Iklan

Iklan

Wow! Lingkungan Kumuh di Kota Bima Ini Disulap Jadi Hijau

Sabtu, 23 Februari 2019 | 07.58.00 WIB
Rangga Babuju/Julhaidin bersama anak-anak di Kelurahan Tanjung Kota Bima (Foto : Babuju Mandiri/indikatorntb.com)
Editor : Subhan Al-Karim 

Indikatorntb.com - Lingkungan RT 02 RW 01 kelurahan Tanjung adalah salah satu lingkungan yang distressing sebagai lingkungan Kumuh kota Bima. Lebih-lebih pasca banjir bandang Bima akhir Desember 2016 yang lalu. Disamping itu, pemukiman di lingkungan ini cukup padat sehingga menambah data faktor kekumuhannya.

Kini, lingkungan yang dulunya dikenal dengan salah satu 'Lingkungan Texas' ini berubah wajah, dari lingkungan kumuh menjadi lingkungan hijau yang ramah. Meski belum semua rumah warga memiliki kebun mini yang hijau dan asri, namun dibeberapa pojok lingkungan sudah mulai kelihatan kebersihan dan kenyamanannya dengan suasana hijau dibeberapa pojoknya.

Inisiator 'Gerakan Hijau Lingkungan Tinggal' (GHLT), Julhaidin dan Guntur menceritakan bahwa kegiatan hijau lingkungan ini berawal dari dibentuknya TPQ Tanjung binaan Guntur, salah seorang pemuda Tanjung Kota Bima. 

Jum'at (22/02) malam, Guntur mengungkap, "Santri yang mengaji disini kerap menutup hidung bila aroma got menyengat, mengaji pun menjadi terganggu".
Saat itu, Julhaidin atau yang biasa disapa Rangga Babuju yang juga kawan dekat Guntur, kebetulan datang mengunjungi TPQ ini sekaligus membawakan bantuan beberapa Alqur'an dan Iqra untuk TPQ. Pada kesempatan itu, Guntur mencoba mendiskusikannya dengan Julhaidin.

"Dari situlah saya dan Rangga mencoba menginisiasi GHLT ini setahun yang lalu," cerita Guntur lebih lanjut.

Ismail, selalu ketua RT 02 di RW 01 ini begitu bangga dan senang melihat gerakan warganya yang sedikit demi sedikit membuat kebun mini yang asri dihalaman masing-masing.

"Cara pendekatan yang dilakukan oleh Guntur dan dibantu oleh Rangga ini yang saya jempol," ujar Ismail Ketua RT 02 RW 01 Tanjung.

Lebih lanjut, Ismail menceritakan, sejak setahun yang lalu diinisiasi, kini warganya semakin teratur dengan kesadaran masing-masing dalam menata lingkungannya.

"Kesadaran ini datang dari masing-masing warga setelah melihat beberapa warga lain menata tempat tinggalnya dengan pot-pot bunga dan sayur mayur dengan rapi dan tertata. Dan saya ikut menikmati kenyamanan ini," ceritanya.
Rangga Babuju yang kebetulan hadir membawa beberapa polybag Cabe yang sudah berbuah menyatakan dukungannya atas apa yang dilakukan warga RT 1 RW 2 Kelurahan Tanjung.

"Saya hanya mendorong beberapa warga, karena telah muncul kesadaran kolektif disini, sehingga perlu untuk dikawal dan dirawat semangat berubah ini dengan ikut berpartisipasi menyumbang beberapa bibit yang kami ikut semai," Tuturnya ikut bangga.

Kesadaran berwawasan Peduli lingkungan seperti ini perlu terus untuk didorong dan disebar diberbagai wilayah di Kota Bima. Sehingga Kota ini menjadi kota yang hijau dan Ramah Lingkungan. Kesadaran menjaga alam bukan saja sekedar menanam, tetap harus muncul dan hadir dari lingkungan tinggal seperti di lingkungan RT 2 RW 1 Kel Tanjung Kota Bima.

×
Berita Terbaru Update