Notification

×

Iklan

Iklan

Pemprov NTB Terima Pengaduan Masyarakat Lewat Aplikasi Baru

Jumat, 19 Oktober 2018 | 03.29.00 WIB
Editor : Subhan Al-Karim
Indikatorntb.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik hadirkan aplikasi baru yang menjadi mata telinga dan tangan pemerintah daerah.

Mobile App ini disediakan untuk menangkap, memahami dan merespon pengaduan masyarakat kepada pemerintah secara langsung tanpa melalui prosedur protokoler, hingga dapat menghemat waktu.

Melalui aplikasi NTB Care ini, pemerintah dapat melihat dan mendengarkan secara langsung persoalan dan pengaduan di tengah masyarakat, dengan melihat postingan foto yang telah di unggah oleh masyarakat di aplikasi NTB Care.

Pemerintah juga, dapat segera tanggap segala persoalan pengaduan yang disampaikan masyarakat. Selain itu, pemerintah juga dapat memperoleh pencapaian penyelesaian masalah guna mewujudkan kesejahteraan NTB.

Pengguna NTB Care adalah masyarakat umum yang telah mendaftar sebagai pengguna aplikasi. Masyarakat dapat melakukan penyampaian laporan, melihat 'Laporanku’ , menerima notifikasi dan melihat laporan user lain. 

Selain itu admin sistem, yang merupakan tim pemerintah yang akan mengelola aplikasi. Terdapat dua admin sistem.

Admin sistem satu akan menerima dan memeriksa kelayakan laporan, merubah status pelaporan, meneruskan laporan dan membuat berita. Sedangkan admin sistem dua, akan melakukan pengelolaan slide iklan, mengelola data agency, mengelola data user dan membuat laporan.

Pengguna lain yaitu volunter, merupakan warga. Masyarakat yang ditugaskan sebagai relawan. Volunter dapat melakukan verifikasi laporan dan menerima notifikasi.


Proses pengaduan yang dapat dilakukan masyarakat melalui NTB Care dengan cara, mendaftarkan diri melalui email atau sosial media yang dapat terhubung, selanjutnya dapat login dan menyampaikan persoalan atau pengaduan.

Persoalan yang telah diunggah masyarakat akan dilakukan verifikasi oleh admin yang akan memeriksa kelayakan laporan yang nantinya akan dikirim menuju volunter dan selanjutnya akan dikirimkan ke agency untuk ditindak lanjuti.

Aplikasi ini telah disosialisasikan pada acara sosialisasi dan bimbingan teknis aplikasi NTB Care, di Hotel Lombok Raya, Selasa (16/10) kemarin.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mendukung disediakannya aplikasi NTB Care yang telah di launching tersebut, guna membuat pemerintah dapat hadir ditengah-tengah masyarakat.

“NTB Care hadir untuk bisa membuat betul-betul pemerintahnya hadir ditengah masyarakat, jangan sampai sudah ada pemerintahan strukturnya besar dari tingkat provinsi sampai kabupaten tapi masih ada masyarakat yang merasa masih tidak ada tempat mereka mengadu, jadi sistem ini adalah media untuk bisa menghadirkan kita seolah - seolah  kita ada ditengah masyarakat,” jelasnya.

Nantinya NTB Care akan tersedia di platform IOS untuk pengguna Apple, SMS Gateway yang dapat digunakan oleh masyarakat yang tidak memiliki smartphone dan adanya website untuk memberikan kenyamanan pengguna dalam memberikan pelaporan tanpa Handphone dan untuk pengguna yang tidak ingin menginstal aplikasi di Handphone.

Wagub juga berpesan agar aplikasi NTB Care harus terus berjalan dan dikembangkan untuk kedepannya. 

“Pesan saya harus betul-betul berjalan, saya tidak mau sama dengan program lain, hanya launching tapi tidak jalan, ini harus berjalan. Dinas Kominfotik harus bisa bertanggung jawab dalam 2018 sampai betul-betul berjalan. Semoga aplikasi NTB Care ini berkah dan dapat bermanfaat untuk seluruh masyarakat NTB,” tutupnya. (Ely)

×
Berita Terbaru Update