Notification

×

Iklan

Iklan

Membayar Zakat Sebagai Amalan Pembersih Dosa

Senin, 11 Juni 2018 | 15.38.00 WIB
Ilustrasi (foto : dream
Indikatorntb.com - Islam didirikan diatas lima dasar: Mengikrarkan bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan Sholat, membayar Zakat, menunaikan Haji, dan berpuasa pada bulan Ramadhan". (H.R. Muttafaq 'alaih)

Bagi umat Islam, bulan Ramadhan adalah bulan kasih sayang yang penuh kesucian, yang merupakan bulan pembersih dari segalah dosa-dosa yang pernah dilakukan.

Bulan Ramadhan 1439 H akan segera berakhir hanya dalam hitungan hari. Artinya, kewajiban kita sebagai umat Muslim menunaikan ibadah Puasa pun akan segera berakhir. Namun setelah menunaikan ibadah puasa, masih ada satu amalan lagi yang wajib dilaksanakan pada bulan suci Ramadhan, tepatnya sebelum sholat Idul Fitri. Amalan tersebut adalah membayar Zakat Fitrah.

Zakat Fitrah adalah zakat yang harus ditunaikan bagi seorang muzakki yang telah memiliki kemampuan untuk menunaikanya. Zakat Fitrah hukumnya wajib bagi umat Muslim yang mampu. Mengingat, zakat merupakan salah satu bagian dari rukun Islam.

Maka dari itu, bagi umat Islam yang merasa mampu, segerah membayarkan zakat Fitrah nya di masjid-masjid terdekat. Semoga Allah menerima amalan baik kita dan kita termasuk orang-orang yang suci serta ditempatkan di Syurga Firdaus nya kelak.

Sungguh berbahagialah orang yang mengeluarkan zakat (Fitrahnya), menyebut nama Tuhannya (Mengucap takbir, membesarkan Allah) lalu ia mengerjakan sholat (Idul fitri)". (Q.S. Al-A'la ayat 14-15)

Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan orang yang shaum dari segala perkataan yang keji dan buruk yang mereka lakukan selama mereka shaum, dan untuk menjadi makanan bagi orang orang yang miskin. (H.R. Abu Daud)

Penulis : M. Akhier
×
Berita Terbaru Update