Notification

×

Iklan

Iklan

Surat Cinta Untuk Bakal Calon Bupati Bima

Sabtu, 25 Januari 2020 | 20.15.00 WIB
Foto: Penulis

Dalam tulisan ini saya sedikit mengawalinya dengan kalimat yang menurut saya itu sangatlah penting, kalimat yang di katakan oleh; K.H Agus Salim Sang Sejarawam pernah mengatakan Leden Is Liden (Memimpin Adalah Menderita), jikalau tidak ingin menderita janga pernah berambisi untuk menjadi seorang pemimpin, sebab jika engkau tidak menjalankan tugas dan fungsi mu dengan benar sebagai seorang pemimpin, maka siap-siaplah untuk di caci dan di maki oleh masyarakat.

Di dalam kalimat di atas sangatla menakutkan apabila kita memikirkan dengan seksama, bahwa jika seoarang pemimpin tidak menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dan benar maka bersiap-siaplah.

Hari ini kabupaten bima membutuhkan sosok pemimpin yang memiliki gagasan yang tajam dalam membangun daerah bima, bukan hanya gagasan yang harus di tonjolkan akan tetapi harus di sertakan dengan aksi (praktek).

Dengan melihat kondisi daerah bima yang saat ini mengalami degradasi yang sangat parah, maka daerah bima membutuhkan sosok pemimpin yang memiliki paradigma berfikir yang tajam ke depan, memiliki kemampua berfikir inovatif, kreatif serta solutif supaya daerah bima dapat menjadi daerah yang berkemajuan.

Jikalau kita mengacu kepada SDA (Sumber Daya Alam) dan SDM ((Sumber Daya Manusia) yang unggul dan disertakan dengan melimpah sumber kemasukan di wilayah petanian, maka saya bisa pastikan daerah bima akan mengalami kemajuan yang sangat pesat apabila SDA dan SDM-Nya di kelola dengan baik dan jika tidak, maka bersiap-siaplah untuk ditinggalkan oleh kamajuan jaman.

Namun. Semua itu akan terlaksana apa bila seorang pemimpin memiliki kesadaran dalam mengelolanya, jikalau di ijinkan saya mengutip katanya Murtadha Mutahari salah satu filsuf islam modern “kesadaranlah yang akan mengatarkan kita pada kemandiria dan kemadirian itu akan mengantarkan kita pada kesuksesan” dari pernyataan ini bisa saya ambil kesimpua bahwa, hanya kesadaran lah yang akan mampu merubah daerah bima ke arah yang berkemajuan.

Kesadaran yang harus di miliki oleh oleh seorang pemimpina atau terlebih lagi pada kalangan masyarakat umum ialah:

1. Kesadaran akan adanya perubahan
2. Kesadaran kolektif
3. Kesadaran akan sejarah
4. Kesadaran akan adanya fakta sosial
5. Kesadaran akan perlunya objektifitas

Seorang pemimpin atau masyarakat yang memiliki peran penting dalam membangun sebuah peradaban di daerah bima, maka mereka harus memiliki salah satu dari 5 kesadaran di atas, sehingga dalam membangun peradaban di derah bima terarahkan dengan baik dan benar, dan juga tidak tertinggalkan oleh kemajuan jaman.

Sekian
Wassalamualaikum. Wr.Wb
Semoga bermanfaat bagi yang membaca dan Slsemoga tersadarkan bagi yang belum sadar.

Penulis: Arif
×
Berita Terbaru Update