Notification

×

Iklan

Iklan

Menikah Muda Atau Berkarir

Kamis, 16 Januari 2020 | 09.48.00 WIB
Foto:Penulis
Berada pada zaman yang menutut segalanya dapat terpenuhi, tidak jarang membuat pemuda atau pemudi juga ingin berkarir sebelum menikah. Setiap orang pasti ingin sukses sebelum menikah, bukan hanya kaum adam yang berprinsip seperti itu namun kaum hawa pun ingin seperti itu sukses sebelum menikah.

Pernikahan di usia muda memang menjadi topik hangat untuk di perbincangkan, apalagi di usia-usia 19-21 tahun. Saat ini saya berusia 19 tahun, saya masih berkuliah dan teman-teman saya memang sudah ada beberapa menikah di usia muda namun ada juga yang masih aktif kuliah atau kerja. Lalu, bagaimana? Apakah usia kuliah ini sudah cukup dewasa untuk memulai suatu keluarga dengan berbagai kesibukan dan rumitnya dalam keseharian?.

Mari kita lihat data statistik dari Survei Demografis Kesehatan Indonesia (SDKI). Bahwa median usia kawin pertama berada pada usia 19,8 tahun pada tahun 2007. Pada usia seperti ini sayang sekali kalau membatasi ruang ekspresi kreatif masa muda untuk tergantikan dengan berbagai kebutuhan keluarga. Apalagi saat ini harga kebutuhan pokok semakin merangkak naik.

Lalu mau hidup pakai apa? Usia seperti ini dikatakan sebagai tahap akhir masa remaja. Pendidikan yang sedang ditempuh juga merupakan tingkatan minimal tahap akhir, yaitu kuliah. Hal ini didasari kenyataan bahwa mayoritas pekerjaan memberi syarat minimal setelah lulus kuliah S1.

Mari kita berfikir lebih maju untuk kedepannya, masa kuliah adalah masa yang menyenangkan. Sebagai seorang mahasiswa, saya merasakan sendiri senangnya kuliah walau banyak tugas-tugas namun itu tak menjadi penghalang saya untuk tidak melanjutkan perkuliahan. Saya juga merasakan bagaimana kedekatan bersama teman-teman dikampus.

Saya juga menyadari bahwa tantangan semakin keras pada generasi saat ini, maka dari itu perlu bagi kita wawasan agar kita tak dibodohkan jaman. Salah satu yang perlu kita persiapkan adalah pendidikan yang lebih tinggi agar lebih mampu untuk bersaing dengan tantangan masa depan.

Penulis: Nining Muliyati
×
Berita Terbaru Update