Notification

×

Iklan

Iklan

Leburkan Perbedaan, Kobarkan Kemerdekaan..!!!

Minggu, 18 Agustus 2019 | 13.38.00 WIB
Foto: Penulis
17 Agustus tahun 2019 telah tiba, itu menandakan bahwa 74 Tahun sudah usia Negara Kesatuan Revublik Indonesia (NKRI). Negara besar yang terdiri dari 714 suku dan memiliki lebih dari 1.001 bahasa daerah yang berbeda, 17.504 pulau, dan menganut 6 keyakinan Agama yang berbeda itu merupakan Bangsa dengan tingkat keberagaman tertinggi di dunia. Kita patut bersyukur, karena hingga saat ini bangsa kita masih tetap mampu untuk menjaga kemerdekaannya, karena bukanlah hal yang mudah bagi suatu negara yang memiliki keberagaman yang sangat tinggi bisa tetap meneguhkan persatuan demi menjaga keutuhan seluruh warga bangsanya.

Selain untuk merayakan kemerdekaan, Usia 74 tahun Indonesia juga merupakan momentum yang sangat tepat untuk kita bersama-sama merenungkan sudah sejauh mana kemerdekaan itu telah mampu kita tegakkan, Agar apa yang menjadi cita-cita luhur dari para pendiri Bangsa ini dapat kita wujudkan. Kemerdekaan yang telah diraih oleh bangsa Indonesia dari tangan Kolonial ini, haruslah mampu kita tanamkan sebagai pijakan kita untuk tetap berdiri kokoh menjaga persatuan, sehingga tak ada sedikitpun celah yang dapat menimbulkan perpecahan bagi tubuh bangsa kita tercinta ini.

Kita sebagai generasi penerus bangsa harus mampu menanamkan nilai-nilai patriotisme didalam diri kita, agar segala hal yang menjadi ancaman untuk melenyapkan kemerdekaan negara kita bisa ditepis dengan kobaran rasa cinta terhadap tanah air.

Selain itu, untuk dapat menyikapi berbagai macam ancaman disintegrasi bangsa akibat keberagaman yang ada, Kita sebagai generasi penerus bangsa juga harus mampu menumbuhkan sikap saling menghargai terhadap perbedaan, menjaga nilai-nilai toleransi dan melestarikan budaya Gotong royong, agar apa yang menjadi tujuan di dirikannya bangsa ini dapat kita wujudkan bersama-sama. Jangan sampai kemerdekaan yang diperjuangkan dengan tetesan darah oleh para pahlawan terdahulu hancur lebur hanya karena kita tidak bisa menerima perbedaan Agama, suku,ras, golongan maupun kepentingan. Kita harus tetap menjunjung tinggi semangat persatuan, dan menjadikan seluruh elemen bangsa menjadi bagian yang tak terpisahkan dari diri kita. Kita harus menyadari bahwa berdirinya negara ini, bukan hanya karena satu golongan, namun merupakan hasil jerih payah dari seluruh warga bangsa Indonesia yang tersebar dari ujung sabang hingga meraoke, oleh karena itu seluruh komponen bangsa ini harus mampu saling mengayomi satu sama lain, kelompok mayoritas harus mampu menjaga dan menghargai yang minoritas, yang minoritas pun harus begitu, sehingga tak ada satupun pihak yang merasa di marjinalkan.

Kitapun berharap agar kesadaran akan tanggung jawab untuk menjaga persatuan dan kemerdekaan Indonesia ini bisa lebih diperlihatkan oleh para pemimpin bangsa kita, sehingga dengan kesadaran itu akan membawa mereka pada kesungguhan hati untuk mengabdi memberikan yang terbaik bagi seluruh rakyat dinegeri ini, kita berharap agar mereka mampu menyingkirkan segala ego pribadi dan ego golongan tertentu demi mengutamakan kepentingan dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia, semoga para pemimpin kita tersadar bahwa Kemerdekaan Indonesia haruslah dirasakan oleh semua golongan, sehingga tak adalagi kebijakan yang dibuat yang hanya menguntungkan satu pihak dan banyak merugikan pihak yang lainnya, dan dengan demikian kemerdekaan Indonesia akan tetap abadi selamanya.

Bangunlah kesadaran Bahwa Indonesia itu bukan hanya Aku, Dia atau mereka, Tapi Indonesia adalah KITA. Kitalah yang harus mampu menjaga Indonesia ini, Maka teguhkanlah persatuan, Leburkan perbedaan dan Kobarkan Kemerdekaan untuk seluruh Rakyat Indonesia.


Dirgahayu Negara Kesatuan Revublik Indonesia yang ke 74
Mari bersatu menjadikan Indonesia Negara yang Unggul dan Menjadi Rahmat Untuk Seluruh Alam Semesta.


Penulis: Mukhsin Bin Husni Thamrin Ketua Umum Front Mahasiswa Lombok Barat (FM LOBAR)
×
Berita Terbaru Update