Notification

×

Iklan

Iklan

Hutan di Dompu Gundul, Gubernur NTB: Jagung Petani Yang Berasal Dari Hutan Negara Jangan di Beli

Sabtu, 09 Januari 2021 | Januari 09, 2021 WIB Last Updated 2021-01-09T09:46:18Z

 

Foto: Gubernur NTB saat meninjau lokasi hutan negara yang ditanami jagung di Kabupaten Dompu (istimewa).

Indikatorntb.com - Kerusakan hutan negara di Kabupaten Dompu, menurut Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah disebabkan adanya penggundulan hutan yang dilakukan oleh masyarakat dan ditanami Jagung, Sabtu (09/01/21).


Akibat penggundulan tersebut, kata Zul, wajar ketika air mengalir deras dan menyebabkan banjir. 


"Kalau air mengalir deras sampai Dompu dan mengakibatkan banjir saya kira wajar karena hutan di hulu sungainya sudah gundul begini dan sekarang semuanya di tanami jagung," Katanya di salah satu postingan akun Facebook @Bang Zul Zulkieflimansyah


"Dan ini hutan negara," Lanjutnya.


Lebih lanjut Zul mengungkapkan bahwa petugas mengalami kesulitan ketika bertugas, tidak bisa bertindak tegas, petugas bingung mau tangkap siapa.  


"Petugas kami di lapangan bingung mau nangkap yang mana karena yang merambah hampir sekampung semua," bebernya.


Zul menegaskan, bahwa kedepan tidak boleh ada penggundulan hutan negara dan ditanami jagung. Selain itu, jagung petani yang berasal dari lahan hutan negara dilarang di beli.


"Tak boleh lagi ke depan hutan-hutan kita ditanami jagung, dan bukan hanya mengedukasi petani-petaninya tapi akan memanggil dan mengingatkan pembeli-pembeli jagung untuk tak membeli jagung dari lahan yang berasal dari Hutan negara. Kalau melanggar ijinnya di cabut," tegasnya.


Furkan/Indikatorntb

×
Berita Terbaru Update