Notification

×

Iklan

Iklan

Pilkades Serentak dan Pengisian Anggota BPD Segera di Gelar Tahun 2019

Jumat, 05 Juli 2019 | Juli 05, 2019 WIB Last Updated 2019-07-05T05:45:36Z
Foto: Bupati Bima, Hj.Indah Dhamayanti Putri, SE saat memberikan arahan di acara HUT Bima ke-379 (sumber: @Humas dan Protokol Kabupaten Bima).
Kab. Bima - Tahapan pemilihan calon kepala desa (PILKADES) serentak gelombang kedua tahun 2019 di 82 desa dan pengisian keanggotan BPD di 191 desa akan segera dilaksanakan, Jum'at (05/07/19).

Hal itu disampaikan langsung oleh Bupati Bima, Hj.Indah Dhamayanti Putri, SE saat memberikan arahan dalam HUT Bima ke-379. Dalam kesempatan itu, Bupati Bima mengatakan bahwa, pilkades serentak dan pengisian keanggotan BPD merupakan hal yang sangat penting untuk menghasilkan kepala desa dan anggota BPD sesuai dengan harapan masyarakat.

"Pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala desa serta pengisian keanggotaan BPD merupakan hal yang sangat crusial guna menjamin pencapaian tujuan menghasilkan Kepala Desa terpilih dan BPD yang berkualitas serta sesuai dengan harapan masyarakat," Kata Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri, SE dilansir dari halaman Facebook @Humas dan Protokol Kabupaten Bima.

"Untuk itu, diperlukan partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi, karena masyarakat mempunyai peran penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintahan desa," lanjutnya.

Lebih lanjut, Bupati Bima berpesan kepada segenap unsur BPD terkait sebagai penanggungjawab pelaksanaan pilkades serentak dan pengisian keanggotaan BPD untuk membentuk kepanitian yang mandiri dan independent.

"Saya pesankan, kepada segenap Ketua BPD dan Sekretaris BPD agar membentuk Panitia Pilkades dengan kepanitiaan yang bersifat mandiri dan tidak memihak, dan jika sudah ditunjuk menjadi panitia pilkades, yang bersangkutan dilarang menjadi calon kepala Desa," Terangnya.

Selain memberikan pesan kepada segenap unsur BPD terkait, Bupati Bima juga berharap kepada Kepala Desa dan/atau Penjabat Kepala Desa, Camat dan Muspika agar memberikan dukungan yang diperlukan demi kelancaraan pelaksanaan pilkades serentak tahun 2019.

"Saya harapkan agar menfasilitasi segala hal yang mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkades di Desa masing-masing, serta menjauhi segala hal yang dapat menjadi potensi masalah pada masing-masing tahapan Pilkades," Imbuhnya.

Seperti yang dikatahui, pada tanggal 20 Desember 2018 lalu, Kabupaten Bima telah melaksanakan pilkades serentak gelombang I yang diikuti oleh 52 Desa. Dimungkinan pada tahun 2019 ini akan dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2019.

Furkan/Indikatornt
×
Berita Terbaru Update