Notification

×

Iklan

Iklan

Pembullyan Pada Masa Sekolah Menengah Atas

Rabu, 19 Juni 2019 | Juni 19, 2019 WIB Last Updated 2019-06-19T10:43:08Z
Foto: Penulis
Indikatorntb.com- Pada zaman sekarang kasus pembullyan marak terjadi. Banyaknya terjadi di tempat sekolah. Pada naskah drama “Mentari Warna-warni” karya Dara Ginanti yang menceritakan kehidupan dalam tokoh Mentari.

Dalam naskah drama tersebut berkisah pada keluarga mentari, yang Ayahnya ialah koruptor, kemudian kakeknya pembunuh neneknya, kemudian Ibunya bekerja sebagai PSK untuk memenuhi ke butuhan Mentari. Ketiga permasalahan tersebut berdampak pada Mentari.

Korupsi dapat diibaratkan dengan penyakit menular yang sangat mudah menjalar prlan namun mematikan, dapat menciptakan kerusakan yang luas di masyarakat. Korupsi dapat pula menghancurkan sendi-sendi negara, pemerintah, dan masyarakat. Semakin maraknya korupsi di suatu negara, maka semakin rendah kinerja perekonomian dalam negara tersebut. Juga sebaliknya, semakin rendah tingkat korupsi di suatu negara, maka semakin bagus kinerja perekonomian negara tersebut.

Adanya penyebab dalam tindakan korupsi tersebut, dimana perilaku individu yang kurang baik, moral yang rendah, kemudian gaya hidup yang konsumtif. Kemudian solusi yang dapat diberikan ialah, membangun supremasi hukum, upaya pencegahan, upaya penindakan, dan upaya edukasi.

Tindakan kekerasan dalam naskah drama “Mentari Warna-warni’ menunjukkan pada kakek mentari yang membunuh neneknya. Dalam naskah drama ini tidak di jelaskan kenapa kakek mentari mengapa membunuh neneknya. Keterkaitan pada sekarang ini sebanyak 625 kasus pembunuhan.

Tindakan kekerasan merupakan salah satu problem sosial yang sangat besar pada masyarakat. Problem sosial tersebut merupakan pola perilaku masyarakat yang secara meluas tidak dikehendaki masyarakat, tetapi juga disebabkan oleh faktor sosial. Banyaknya kasus pembunuhan saat ini, yang dilator belakangi oleh faktor sosial, karena dendam atau seringnya cekcok, tidak harmonisnya hubungan dalam keluarga, sosial eknomi, kurangnya pengendalian diri, dan spiritual yang rendah. Solusi yang dapat diberikan kepada pelaku ialah dikenakan hukuman.

Ekonomi sebagai dasar pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan maupun juga kemakmuran. Ekonomi merupakam faktor yang penting dalam membangun keluarga. Pada keterkaitan dalam masyrakata saat ini, beberrapa perempuan melakukan pekerjaan sebagai PSK ialah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Adanya penyebab seseorang memilih untuk menjadi PSK ialah, pikiran yang instan, kebutuhan hidup tinggi, pengaruh lingkungan, frustasi. Kemudian solusi yang dapat diberikan ialah pendidikan agama, dapat menutup alokasi, penyuluhan seks dan HIV/AIDS, pemberdayaan pada PSK.

Ketiga konflik tersebut dalam naskah drama “Mentari Warna-warni” berdampak pada Mentari. Ia menjadi korban bullying oleh teman-teman sekolahnya. Teman-teman sekolahnya mengolok-oloknya seperti dalam dialog, “Diam Mentari! Kami tidak mau lagi berteman dengan seorang anak koruptor, pembunuh, dan pelacur seperti kamu! Kami tidak amu tertular jahatnya keluargamu.”. Sepenggal dialog tersebut menggambarkan terjadinya pembullyan terhadap Mentari. Ia merasa bingung, kejiwaannya menurun, semangat belajarnya pun menurun. Ia terkenal seorang anak yang sangat pintar di sekolahnya. Karena latar belakang keluargannya tersebut, psikologi mentari terganggu.

Bullying merupakan tindakan seseorang atau sekolompok yang melakukan penindasan, intimidasi, ancaman terhadap orang lain yang lebih lemah. Pada saat ini kasus pembullyan pada tahun 2011-2017 berjumlah 26 ribu kasus, kemudiaan 36 (22, 4%). Perilaku bullying menjadi suatu budaya yang dilakukan oleh anak usia sekolah.

Mereka melakukan hal tindakan bbullying tidak akan memikirkan dampak perbutannya, karena mereka hanya mencari kepuasan ataupun hanya untuk mencari perhatiab supaya orang lain takut padanya. Faktor penyebabnya ialah hubungan keluarga, faktor lingkungan, dan media. Kemudian adanay solusi yang diberikan ialah dengan cara membuktikan kalau lebih hebat, usaha bangkit dari diri sendiri, berani untuk melaporkan, jangan mencoba untuk mengakhiri hidup, dan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kurangnya dalam naskah drama “Mentari Warna-warni” karya Dara Ginanti, dimana tidak dijelaskan mengapa terjadinya korupsi yang dilakukan oleh Ayahnya Mentari, kemudian tidak dijelaskan mengapa terjadinya kakek mentari membunuh neneknya. Kemudian kelebihan dalam nasakha drama “Mentari Warna-warni” karya Dara Ginanti, ialah menceritakan keadaan yang terjadi di Indonesa, dimana banyaknya korupsi, pembunuhan, dan juga pembullyan. Selanjutnya, kelebihannya terletak pada pemilihan kata dialog yang mudah dimengerti, adanya deskripsi yang jelas terhadap tokoh.

Penulis : Permata Kiranasari
×
Berita Terbaru Update