Notification

×

Iklan

Iklan

Pastikan Siswa Dapat Bersaing, SMKN 1 Kempo Praktek Kerja Industri di Babuju Mandiri

Selasa, 05 Maret 2019 | Maret 05, 2019 WIB Last Updated 2019-03-05T10:04:09Z
Foto Bersama siswa SMKN 1 Kempo Kabupaten Bima dan guru pembimbing praktek kerja industri siswa beserta Rangga Babuju/Julhaidin usai serah terima siswa di lokasi Kolam ikan air tawar Babuju Mandiri
Editor : Subhan Al Karim

Indikatorntb.com -  Tak hanya siswa SMKN 1 Langgudu Kabupaten Bima yang melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di kelompok pengembangan budidaya ikan air tawar Babuju Mandiri. 

Senin (4/3/19) SMKN 1 Kempo Kabupaten Dompu juga mengirim 6 murid Pendidikan Sistim Ganda (PSG) untuk dididik Babuju Mandiri. Diyakini pihak SMKN 1 Kempo, dengan Praktek kerja di Babuju Mandiri siswa kedepan dapat bersaing.

Salah satu guru pembimbing siswa SMKN 1 Kempo, Rahmatia, S.Kel mengungkap, dikirimkan siswa untuk praktek kerja di Babuju ini hasil informasi yang didapat pihak sekolah. Babuju Mandiri dinilai salah satu lokasi yang sangat layak untuk praktek kerja siswa.

"Kami sepakat, salah satu tempat yang layak untuk mendidik siswa/i kami dalam hal prakerin ini di Kota Bima adalah Babuju Mandiri. Ini didasarkan dari rekomendasi yang kami terima," ungkap Rahmati, S. Kel.

Menurut Rahmatia, dengan pelaksanaan program praktek ini di Babuju Mandiri, siswa dapat mengimplementasikan secara langsung teori yang dipelajari di bangku pendidikan formal, hingga siswa dapat menanamkan iklim kerja positif yang berorientasi pada mutu dan proses kerja.

Enam siswa SMKN 1 Kempo ini diterima langsung oleh CEO Babuju Mandiri, Julhaidin di lokasi kolam budidaya ikan air tawar Babuju Mandiri kemarin siang. Julhaidin menyatakan kesiapannya untuk bersama-sama mendidik generasi agar dapat maksimalkan potensi dan kemampuan siswa dalam berdikari.

"Kami sangat terbuka bagi SMK untuk sama-sama belajar ditempat kami. Setidaknya ada rasa bangga ketika ada generasi yang dapat kami didik terkait tekhnis dan tata kelola budidaya perikanan air tawar ini," jelas Julhaidin yang didampingi Kamil Diphia Utomo, mentor budidaya ikan air tawar Babuju Mandiri.

Diketahui, lelaki yang biasa disapa Rangga Babuju dengan ciri khas rambut gondrong ini, sudah kerap menerima siswa SMK, baik yang PSG melalui program prakerin maupun study komparasi dan kunjungan belajar dari beberapa lembaga seperti BUMDes maupun kelompok usaha budidaya ikan air tawar. 

"Sebuah kebanggaan bagi kami, ketika Babuju Mandiri menjadi tempat belajar para calon wirausaha muda maupun para entrepreneur muda Bima dan Dompu. Ada banyak kegiatan budidaya yang kami lakukan dalam 'payung' Babuju Mandiri ini," ungkap Rangga Babuju.

Sementara itu, Babuju Mandiri dibawah manajemen Julhaidin ini, sebanyak 28 kelompok budidaya dan wirausaha muda Bima yang dibina dan dilakukan pendampingan, seperti kelompok budidaya sayur mayur di So Benteng Nangawera, cabai dan tanaman polikultura di Tolowata Ambalawi, keramba jaring apung di Songgela, budidaya ikan air tawar jenis lele, nila dan gabus, serta komoditi lainnya.

Rangga Babuju mengatakan, saat ini kelompok binaan dan pendampingan Babuju Mandiri telah menikmati hasil kesuksesan dari usaha tersebut.
×
Berita Terbaru Update