Notification

×

Iklan

Iklan

Inspirator dan Motivator Bima Ini Ungkap Rahasia Sukses Strategis Berwirausaha di Dompu

Sabtu, 09 Maret 2019 | Maret 09, 2019 WIB Last Updated 2019-03-09T05:34:59Z
Sejumlah entrepreneur muda Kabupaten Dompu saat dialog inspiratif, bedah strategi solusi dan pengembangan ekonomi keratif di Yangkringan jalan lintas Sumbawa-Simpasai Kabupaten Dompu.
Editor : Subhan Al-Karim

Indikatorntb.com - Inspirator sekaligus motivator entrepreneur Bima, Julhaidin ungkap dan bedah strategi solusi dan pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Berkaca dari beberapa daerah yang memiliki kawasan industri di Indonesia, menurut Julhaidin, pemuda Dompu harus segera berbenah terutama kesiapan SDM dalam berbagai bidang. Ia melihat dari sisi peluang industri kreatif.

Julhaidin menjelaskan, ketika industri yang ada sudah mulai maksimal beroperasi, maka, mobilisasi kehidupan sosial akan semakin tinggi. Akibatnya, kebutuhan produk kreatif juga akan semakin berkembang. 

"Pemuda Dompu harus memiliki rencana dan rancangan yang inovatif dalam menyambutnya," ungkap pemuda yang akrab disapa Rangga Babuju ini, Jum'at (8/2/19) di Kedai Yangkringan jalan Lintas Sumbawa Simpasai Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu.

Pemuda Dompu juga harapan Rangga Babuju, harus siap-siap menghadapi krisis orientasi dan krisis konsitensitas. Untuk itu, kata Rangga butuh komunikasi bersama untuk dapat saling mensupport atas apa yang akan menjadi tujuan bersama. 

"Jika tidak, pemuda Dompu akan digilas oleh pembangunan yang tak dapat dibendung saat ini," tututnya saat menghadiri dialog inspiratif, bedah strategi solusi dan pengembangan ekonomi kreatif oleh Kedai Yangkringan dan Ompu Coffee itu.

Apa lagi, kata julhaidin, Kabupaten Dompu menjadi barometer perkembangan kawasan industri di pulau Sumbawa. Terlihat, dari beberapa industri besar yang terbangun seperti industri Gula, industri pengolahan jagung pakan, industri pariwisata di Lakey dan yang akan disongsong adalah kawasan pertambangan emas di Hu'u.

Hadiri dalam kegiatan yang berlangsung santai dan membangun itu sejumlah kelompok pemuda kreatif seperti Komunitas Tangan Diatas (TDA) Dompu, kelompok sinematografi Dompu - 'Paradise', kelompok budidaya ikan air tawar dorotangga, para pemuda kandai serta kelompok komunitas kopi Dompu.

Salah seorang crew cinematography Dompu, Rama menyadari bahwa pentingnya untuk sharing gagasan dan ide yang membangun seperti yang dilakukan itu. Rama menyampaikan, selama ini para pemuda kreatif Dompu berjalan masing-masing sesuai bidang yang ditekuni.

"Bila bisa dijadwalkan rutin untuk bisa bertukar informasi dan atau sekedar berbagi solusi seperti ini, maka dunia entrepreneur Dompu akan cepat melejit," tutur Rama. 

Sementara itu Rasyid, perwakilan pemuda inovatif kandai menimpali bahwa konsistensitas dalam dunia entrepreneur harus dibangun dari kemauan untuk dapat saling mengisi. menurutnya, ketika ego masing-masing di kedepankan, maka tidak akan ada satu solusi pun yang dapat dihasilkan. 

"Langkah pertama dan utama yang harus kita kendalikan, didasari dari apa yang bang Rangga paparkan adalah soal ego yang masih tinggi diantara kita," jelas Rasyid. 

Diakhir sesi dialog, Rangga menegaskan pentingnya membangun keharmonisan komunikasi antara para entrepreneur muda dengan para pengusaha yang sudah berpengalaman pada dunia wirausaha. 

"Komunikasi menjadi penting untuk menemukan solusi dalam saling membesarkan. Hilangkan ego jika anda ingin sukses lebih cepat dari waktu yang anda targetkan. Tinggalkan gengsi yang masih melekat agar tidak ada penghalang ketika anda ingin melakukan inovasi" Tutup Rangga.

Rencananya, kegiatan sharing inspiratif ini pun, diketahui akan diagendakan secara rutin oleh para entrepreneur muda Dompu yang akan digilir oleh para pelaku wirausaha Dompu yang sudah memiliki branding saat ini. 

Hal ini dimaksudkan agar para entrepreneur muda Dompu dapat meng-update informasi dan inovasi dengan cepat dan cerdas.
×
Berita Terbaru Update