Notification

×

Iklan

Iklan

Peningkatan Mutu Pendidikan Di Indonesia

Selasa, 26 Juni 2018 | 20.30.00 WIB
Foto : Penulis
Indikatorntb.com - Indonesia merupakan Negara kepulauan yang memilik sangat banya akan kebangsaan, budaya, bahasa dan lain sebagainya. Indonesia sesungguhnya memiliki peran pendidikan yang sangat penting dalam kehidupan dikarenakan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

Pendidikan merupakan suatu faktor kebutuhan dasar untuk setiap manusia, karena melalui pendidikan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat dapat diwujudkan. Pendidikan mempengaruhi secara penuh pertumbuhan ekonomi suatu negara, didalam suatu negara maju tidak ada yang tidak menjung nilai pendidikan dikarenakan nilai mutu pendidikan di proritaskan. Hal ini dikarenakan pendidikan berpengaruh untuk mengahadapi perubahan dan pengembangan suatu Negara yaitu salah satunya Indonesia

Tidak hanya pendidikan yang sangat berpengaruh besar untuk kemajuan suatu Negara, tetapi ekonomi atau nilai jual dipasaran yang sangat terpenting dan harus semakin meningkat, maka karena itu akhirnya dikarenakan nilai jual dipasaran lebih tinggi dan menyebabkan masyarakat Indonesia lebih banya yang ke dunia kerja dari pada kedunia pendidikan, banya halnya pendidikan tidak dinomer satukan oleh warga yang ekonominya dibawah.

Sebenarnya dari pendidikan yang bagus dan baik akan bisa menciptakan mutu pekerjaan yang baik pula dan tidak menjadi pembantu atau pengikuti orang lain. Orang yang memiliki pendidikan tinggi mereka tidak hanya menciptakan tenaga pekerjaan tetapi mereka akan menciptakan suatu karya yang orang lain belum lakukan. Tetapi tidak hanya harus memiliki pendidikan mereka juga harus memiliki kemauan yang sangat mereka harus junjung didalam diri mereka.

Setiap kemauan seseorang tidak semua sama, bisa dikatakan berbeda-beda. Walau hanya pendidikan yang mereka miliki tetapi kemauan mereka untuk mengamalkan kepada orang lain yang sangat banya orang lain tidak lakukan. Jika kalian ingin menjadi pengusaha, menjadilah pengusaha yang berpendidikan dikarenakan menjadi seorang pengusaha juga memerlukan hitung-hitungan, jika kalian tidak berpendidikan maka pembeli akan menipu penjual dan akhirnya kalian malah tidak dapat untungnya.

Pendidikan tidak hanya dilakukan didunia formal, dimanapun kita bisa mendapatkan pendidikan. Contoh: pendidikan organisasi, pendidikan keluarga, pendidikan masyarakat, pendidikan buku, koran, berita dll. Seperti itu lah pendidikan tidak hanya harus kita dating kesekolah langsung mendapatkan pendidikan tetapi jika seseorang yang melakukan karena niat dan keyakinan akan mencari ilmu dimanapun dan kapanpun kita bisa mendapatkan ilmu.

Ilmu bukan datang dengan sendirinya tetapi ilmu kita yang harus cari jika kalian hanya membaca satu buku, kalian akan monoton jika kalian berpendapat didunia luar dan kalian akan merasa canggung oleh karena itu disini maksud pembaca banyalah membaca karena membaca tidak akan ada ruginya dan untuk siapapun itu dan kapanpun itu.

Mutu pendidikan di Indonesia bisa dikatakan minim dan kurang kalau kita salahin antara junjungan tinggi(Presiden) dan junjungan bawah(Rakyat) tidak ada yang akan mengaku kesalahannya sebenarnya siapa yang salah?. Yang salah sebenarnya bukan siapapun tetapi yang salah adalah diri anda sendiri yang tidak mau mencari dan mendapatkan ilmu itu dikarenakan jika kalian hanya mengeluh karena soal biayanya yang cukup mahal, disini penulis sudah mengatakan bahwa pendidikan itu tidak hanya bisa didapatkan di dunia formal(sekolah) pendidikan bisa dikatakan dimanapun dan kapanpun. Saat ini banya akan sekolah gratis yang dibangun oleh rakyat untuk warga/ masyarakat yang kurang mampu tidak hanya itu pemerintahan juga ikut turun tangan membantu rakyatnya yang membutukan pendidikan yang layak untuk di dapatkan.

Negara Indonesia memiliki harta yang sangat berlimpah jika rakyat Indonesia tidak bisa mengolahnya dengan sangat benar maka Negara Indonesia lambat laut akan dimanfatkan oleh Negara lain yang bisa dibodoh-bodohin oleh Negara lain. Saat ini banya warga asing berbondong-bondong untuk mendaatkan ilmu di Indonesia dan bisa dikatakan mereka pergi ke Indonesia untuk membangun usaha di Indonesia dan menjadi seorang yang memiliki pengusahanya.

Kalau kita perhatikan secara mendalam bisa dikatakan kita dijajah lagi oleh warga Negara asing yang berbondong-bondong membangun Negara Indonesia menjadi makmur yang dikuasai oleh mereka. Maka karena itu janganlah kita mau diperbudak dan dibodo-bodohin oleh Negara lain. Perbanyalah pendidikan yang bermanfaat untuk diri kita kedepannya agar kita bisa memberikan ilmu kepada rang lain yang membutuhkan dan memerlukan ilmu yang bermanfaat dan bisa berguna bagi siapapun itu.

Penulis : Jihan Zelvia T
(Mahasiswa jurusan pendidikan sastra dan bahasa Indonesia Universitas Muhamadiyah Malang)
×
Berita Terbaru Update