Notification

×

Iklan

Iklan

Pekan Budaya Wadu Sura Resmi Dibuka

Sabtu, 05 Mei 2018 | Mei 05, 2018 WIB Last Updated 2018-09-14T19:53:50Z
Foto : Pamflet Pekan Budaya Wadu Sura
Indikatorntb.com - Sanggar seni dan budaya Desa Sari mengadakan kegiatan pekan budaya Wadu Sura untuk memperkenalkan kepada masyarakat umum akan kekayaan budaya dan sejarah tanah Bima, Sabtu, (05/05/18).

Pekan Budaya Wadu sura ini, dibuka langsung oleh bapak Camat Sape, dan dihadiri oleh Muspika Kecamatan Sape, kepala Desa Sari, tokoh masyarakat Desa Sari. Pekan budaya wadu sura ini berlangsung selama 3 hari,

"Kami mengadakan pekan budaya Wadu Sura ini ingin mempromosi budaya Mbojo. Kami berharap cagar budaya wadu sura dilirik oleh masyarakat dan pemerintah, agar tetap menjaganya dan di fasilitasi oleh pemeritah daerah. Tidak hanya itu, kami sangat berharap kegiatan seperti ini diadakan di seluruh pelosok Kabupaten Bima, demi memperkenalkan kepada orang banyak, inilah kekayaan budaya dan warisan nenek moyang kita. Semoga kabupaten Bima menjadi surga akan budaya dan warisan leluhur," ujar Julkifli Ahmad ketua panitia pekan budaya wadu sura kepada Indikator ntb news.

Rangkaian acara pekan budaya Wadu Sura sebanyak 29 acara. "Acara intinya yaitu, prosesi penurunan Tumba (kalondo Buja), dan Ritual Tumba," lanjutnya.


Dia menambahkan, lewat kegiatan ini juga, kami ingin mengenalkan kepada generasi muda akan kekayaan budaya Desa Sari (Mbojo).

"Generasi muda harus berperan penting untuk menjaga dan melestarikan budaya ini. Selain itu, kami juga ingin mengenalkan kepada masyarakat umum akan keelokan Tari Soka, dan Tombak Pusaka," tambahnya.


"6 Mei besok adalah acara puncak pekan budaya Wadu Sura, yang di mana besok adalah acara yang sakral, prosesi penurunan Tumba. Kami sangat berharap kepada seluh masyarakat Kabupaten Bima, lebih khusus masyarakat Kecamatan Sape untuk turut berpartisipasi dalam acara ini. Karna acara ini adalah acara kita bersama yaitu, Dou Mbojo," tutupnya.

Reporter : Safran
Editor      : Akbar S. Lopi
×
Berita Terbaru Update