Notification

×

Iklan

Iklan

Di Dompu SKIPM Bima Bersama Masyarakat Tanam 1000 Mangrove

Senin, 30 April 2018 | April 30, 2018 WIB Last Updated 2018-09-14T19:53:49Z
Foto : Kegiatan penanaman Mangrove di Desa Soro, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu.
Indikatorntb.com - Dalam rangka rehabilitasi dan pelestarian hutan mangrove, melalui Pemda Kab. Dompu dalam hal ini Dinas Kelautan Perikanan Kab. Dompu bekerja sama dengan BKIPM Bima dan Kodim 1614 Dompu serta instansi/stakeholder terkait melakukan penanaman pohon mangrove di desa Soro, Kec. Kempo dibantu oleh masyarakat setempat pada hari Kamis, 26 April 2018 lalu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Dompu, Ir. Wahidin, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, bahwa penanaman dan pelestarian magrove merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat terhadap fungsi ekosistem mangrove.

“Kondisi hutan mangrove yang ada di seputaran Kab. Dompu sebagian besar sangat memprihatinkan. Kondisi ini secara tidak langsung merupakan Imbas dari kurangnya kesadaran masyarakat mengenai fungsi ekosistem mangrove. Untuk itu perlu dilakukan upaya pelestarian mangrove di Desa Soro, Kec. Kempo, Kab. Dompu melalui kegiatan penanaman mangrove sebanyak ± 1000 pohon”, tutur Wahidin.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala SKIPM Bima, Ridwan, S.St.Pi, dirinya berharap kegiatan penanaman magrove bisa membuka wawasan dan kesadaran masyarakat tentang manfaat mangrove dan menumbuhkan kegiatan-kegiatan positif lainnya.

“Diharapkan dengan kegiatan penanaman mangrove ini akan membuka wawasan dan kesadaran pada masyarakat setempat mengenai manfaat keberadaan mangrove dan bukan merupakan sebatas kegiatan formalitas semata," ujarnya.

"Semoga melalui kegiatan ini merupakan pemacu untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif lainnya ke depan walaupun dalam format dan lokasi yang berbeda”, tutupnya.

Baca juga : SKIPM Bima Peduli, Bakti Sosial Bersama Masyarakat di Pantai Kalaki

Seperti yang diketahui, Manfaat mangrove selain sebagai pelindung dari tsunami dan mencegah abrasi juga dapat mejaga kelangsungan fungsi ekosistem untuk sosial ekonomi masyarakat.

Keberadaan mangrove sangat diharapkan khususnya di daerah peraiaran pantai dengan masyarakat yang secara langsung memanfaatkan fungsi dari adanya mangrove.

Reporter : Furkan AS
×
Berita Terbaru Update